Menyelami Indahnya Bawah Laut via Street View Underwater

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengeksplor keindahan taman bawah laut dari sudut 360 derajat melalui layar komputer.

oleh Dewi Widya Ningrum diperbarui 04 Des 2014, 16:40 WIB
Google Street View Underwater (Catlin Seaview Survey)

Liputan6.com, Jakarta - Ingin melihat seperti apa keindahan pemandangan bawah laut tapi tidak punya waktu atau tidak bisa snorkeling atau diving? Jangan khawatir, Anda bisa melihatnya dari layar komputer saja via Google Street View.

Google Street View sekarang memiliki fitur bernama Street View Underwater. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengeksplor keindahan taman bawah laut dari sudut 360 derajat melalui layar komputer.

Menurut keterangan tertulis yang kami terima, Kamis (4/12/2014), fitur ini sudah diluncurkan pertama kali di Australia, tepatnya pada tanggal 14 November lalu untuk merayakan IUCN World Parks Congress yang tahun ini diadakan di Sydney, Australia.

Google bekerjasama dengan lembaga riset Catlin Seaview Survey untuk menampilkan 27 lokasi bawah laut di Australia melalui Google Street View. Lokasi bawah laut yang ditampilkan mulai dari kedalaman Sydney Harbour, pantai ikonik Bondi, sampai menelusuri Great Barrier Reef.  

Pengguna juga bisa menyaksikan aktivitas hewan laut seperti paus minke dan lumba-lumba. Semua foto dan gambar direkam menggunakan kamera khusus yang bisa menangkap foto-foto aktual lokasi setiap beberapa detik.

"Lewat Street View Underwater, semua orang bisa 'melompat' ke bawah laut untuk menyelam secara virtual, serta melihat keragaman terumbu karang sepanjang 2.300 km," kata Richard Vevers, Direktur Eksekutif Catlin Seaview.

Foto dok. Liputan6.com

Google mengolah gambar yang ditangkap oleh penyelam dari Catlin Seaview, sehingga foto-foto panorama ini bisa dinikmati secara interaktif, dan bahkan dengan teknologi 3D. Gambar-gambar terumbu karang yang ditampilkan di Street View Underwater juga akan digunakan sebagai bahan riset lebih jauh oleh para ilmuwan kelautan.

Dengan semakin banyaknya orang dapat mengapresiasi keindahan taman bawah laut, Google berharap bisa mengundang lebih banyak kepedulian terhadap konservasi biota laut.

Di Indonesia sendiri, panorama terumbu karang bawah laut di Taman Nasional Pulau Komodo juga sudah bisa dinikmati oleh para pengguna layanan Google Street View. Foto-foto yang ditampilkan juga merupakan kerjasama dengan Catlin Seaview Survey.

(dew)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya