Djarot Saiful Sambangi Ahok di Balaikota

Ahok dan Djarot Saiful melakukan pertemuan secara tertutup di Balaikota DKI Jakarta.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 05 Des 2014, 11:32 WIB
Djarot Saiful Hidayat.

Liputan6.com, Jakarta - Djarot Saiful Hidayat, calon wakil Gubernur DKI Jakarta yang diusung PDIP menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balaikota Jakarta, Jumat (5/12/2014) pagi. Staf pribadi Ahok, Sakti Budiono memberitahukan bahwa mantan Walikota Blitar, Jawa Timur, itu telah menunggu di ruang kerja Ahok saat sesi wawancara berlangsung.

"Pak, Pak Djarot menunggu," kata Sakti berbisik kepada Ahok.

Mendengar itu, Ahok lalu mempercepat menjawab pertanyan kemudian terburu-buru menyudahi wawancara. "Ini saya mau ketemu Pak Djarot," kata dia yang kemudian berjalan menuju ruang kerjanya.

Menurut informasi, Djarot tiba di Balaikota sekitar pukul 10.40 WIB. Tak lama, keduanya melakukan pertemuan tertutup.

PDIP telah menunjuk Djarot Saiful Hidayat untuk mendampingi Ahok sebagai cawagub DKI Jakarta. Keputusan itu atas permintaan langsung dari Ahok kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menilai Djarot memiliki pengalaman yang cukup untuk bekerja bersamanya.

Ahok telah mengajukan nama cawagub DKI Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri pada Rabu, 3 Desember 2014 kemarin. ‎Ahok itu hanya mengajukan 1 nama, yakni Djarot Saiful Hidayat.

Menurut Ahok, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014, dia hanya mengajukan 1 nama.

Langkah selanjutnya, Ahok tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) pengangkatan Djarot turun dari Presiden Jokowi. Setelah SK tersebut turun, mantan Bupati Belitung Timur itu menyatakan, pelantikan Djarot tidak bisa langsung dilakukan.

Ahok mengatakan, pelantikan Djarot sebelum 20 Desember 2014. Sebab, Perppu Nomor 1 Tahun 2014 mengamanatkan, setelah dilantik, maka Gubernur memiliki waktu 30 hari untuk melantik wagub. (Mvi/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya