Tak Terlihat di Hari Ultah ke-87, Raja Thailand Sakit?

5 Desember ini Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berulang tahun yang ke-87. Masyarakat pun telah menanti kemunculannya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Des 2014, 13:16 WIB
Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Liputan6.com, Thailand - Pada 5 Desember ini Raja Thailand Bhumibol Adulyadej berulang tahun yang ke-87. Masyarakat pun telah menanti kemunculannya, untuk memberikan sepatah dua patah kata di hari lahirnya itu.

Namun, Raja Thailand itu membatalkan penampilan publiknya. Alasannya, disebut-sebut ada masalah kesehatan yang menderanya.

"Para dokter telah memeriksa raja dan setuju bahwa ia belum siap untuk tampil di depan publik, karena itu mereka telah merekomendasikan untuk membatalkan kegiatan kerajaan," demikian ungkap pihak kerajaan dalam sebuah pernyataann yang dikutip dari BBC, Jumat (5/12/2014).

Berita itu muncul di tengah kekhawatiran tentang kesehatan sang raja, yang sangat dihormati dan disegani di Thailand.

Dalam perayaan ulang tahun Raja Thailand itu, ribuan orang telah berkumpul di ibukota, Bangkok. Mengenakan pakaian serba kuning, mereka berharap bisa melihat sang pemimpin di istananya.

Acara berkumpul serupa -- untuk mendoakan sang raja -- juga diselenggarakan di seluruh negeri, yang masih di bawah darurat militer setelah militer menggulingkan pemerintah pada bulan Mei.

Foto dok. Liputan6.com


Raja Bhumibol terakhir terlihat di depan umum pada bulan November. Ia menghabiskan beberapa bulan terakhir di rumah sakit, dan baru-baru ini menjalani operasi untuk mengangkat kandung empedu.

Sebelumnya, pada Jumat 5 Oktober 2014, ia sempat dilarikan kembali ke sebuah rumah sakit di Bangkok. Ia dilaporkan mengalami demam tinggi.

"Ia didiagnosa mengalami infeksi darah. Sehingga dokter memintanya diopname di Rumah Sakit Siriraj," ungkap pihak Istana Thailand dalam sebuah pernyataan ketika itu. (Tnt/Ein)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya