Ketua DPR: Keadaan DPR Kini Kondusif Berkat Kesadaran Bernegara

Ketua DPR Setya Novanto bersyukur, islah atau perdamaian antara KIH dan KMP akhirnya tercapai.

oleh Putu Merta Surya Putra diperbarui 06 Des 2014, 08:30 WIB
Ketua DPR Setya Novanto ikut menandatangani kesepakatan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/11/2014). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Liputan6.com, Jakarta - DPR RI sudah memasuki kegiatan di luar masa sidang atau masa reses pada 6 Desember 2014 sampai 11 Januari 2015. Namun suasana kerja saat ini masih kondusif, berjalan sesuai aturan.

"Keadaan yang sangat kondusif dalam lembaga DPR yang ini menunjukkan bahwa kesadaran bernegara, terutama
sebagai anggota DPR yang mewakili rakyat telah tertanam dan tumbuh sehingga mendorong semangat untuk. Berkerja dalam rangka mengemban amanah konstitusi," ujar Ketua DPR Setya Novanto di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (5/12/2014).

Kendati, Setya tidak memungkiri bahwa pada awal DPR mulai bekerja keadaan sangat gaduh. "Tidak dapat dipungkiri bahwa pada awal masa bakti periode 2014-2019 ini, DPR harus melaluinya dengan dinamika politik yang tinggi."

"Namun demikian, hal ini harus disikapi sebagai proses menuju kematangan berdemokrasi," sambung dia.

Politisi Partai Golkar itu pun bersyukur, islah atau perdamaian antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) barisan pendukung Jokowi dan Koalisi Merah Putih (KMP) pendukung Prabowo Subianto akhirnya tercapai.

"Meskipun hal ini sedikit mengganggu jalannya pelaksanaan tugas di DPR tetapi DPR patut berbangga, karena pada akhirnya telah dicapai kesepakatan islah dua kubu koalisi di DPR," ujar Setya.

Setya berharap DPR akan tetap kondusif sesuai fungsi dan tanggung jawabnya dalam bernegara.

"Semoga kesadaran bernegara yang dituangkan dalam suatu kesepakatan bersama untuk mewujudkan DPR yang modern dan bekerja melaksanakan tugas konstitusional, akan terus mewarnai perjalanan DPR ke depan," pungkas Setya. (Rmn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya