Hong Kong Bakal Dijejali Nissan Evalia, Ada Apa?

Nissan NV200 atau Evalia akan menggantikan Toyota Crown yang telah digunakan sebagai taksi sejak 1970-an.

oleh Yongki Sanjaya diperbarui 15 Des 2014, 19:20 WIB
Nissan NV200 atau Evalia akan menggantikan Toyota Crown yang telah digunakan sebagai taksi sejak 1970-an.

Liputan6.com, Hong Kong - Selama ini, kerap disaksikan taksi-taksi khas kota Hong Kong yang identik dengan Toyota Crown. Namun, hal ini tampaknya bakal jadi pemandangan langka dalam waktu dekat. Pasalnya, pemerintah setempat berencana untuk melakukan peremajaan armada taksinya.

Memang, langkah ini diambil untuk menjadikan Hong Kong sebagai kota bertaraf dunia. Pemerintah setempat memutuskan untuk melakukan regenerasi terhadap armada taksinya dengan menggunakan Nissan NV200 atau yang di Indonesia disebut juga Nissan Evalia.

MPV Nissan ini kabarnya akan mulai beroperasi sebagai taksi pada tahun 2015 mendatang, demikian dilansir dari Leftlanenews, Senin (15/12/2014).

Pada peluncuran perdananya, pemerintah Hong Kong akan merilis sejumlah 50 unit Nissan NV200 pertama untuk beroperasi menggantikan Toyota Crown yang telah beroperasi sejak 1970-an.

Sama seperti generasi pendahulunya, armada taksi Nissan NV200 akan dikelir dengan corak warna merah-silver atau hijau-putih. Pemerintah setempat pun mengklaim jika emisi yang dihasilkan jauh lebih bersih ketimbang Nissan NV200 yang digunakan sebagai armada taksi di negara-negara lain.

Dikatakan, Nissan NV200 yang digunakan sebagai taksi di Hong Kong akan menggunakan bahan bakar kombinasi antara bensin dengan gas LPG. Penggunaan gas LPG ini sendiri sudah lumrah dijadikan sebagai bahan bakar armada taksi di negara-negara Eropa dan Asia.

Untuk mengakomodir pengguna kursi roda, beberapa NV200 pun telah dimodifikasi dengan adanya ramp di bagian belakang untuk akses masuk. Pintu belakang digunakan sebagai akses masuk penyandang cacat serta konfigurasi kursinya telah dirubah menjadi lebih maju untuk memudahkan keluar-masuk.

Sebagai informasi, Nissan NV200 atau Evalia telah digunakan sebagai armada taksi di seantero negara Jepang. Tak hanya itu saja, MPV Nissan ini juga telah mulai digunakan sebagai taksi di Amerika Serikat dan sedang diusulkan sebagai armada taksi di kota London, Inggris. (Ysp/Des)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya