Kisah Satu Tahun Schumacher Berjuang Lawan Koma

Juara dunia F1 tujuh kali itupun telah diperkenankan untuk menjalani perawatan di rumahnya di dekat danau Geneva.

oleh Yosef Deny Pamungkas diperbarui 29 Des 2014, 18:03 WIB
Michael Schumacher (JOSE JORDAN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Satu tahun pasca kecelakaan ski, mantan pembalap Formula 1, Michael Schumacer kini kian membaik. Juara dunia F1 tujuh kali itupun telah diperkenankan untuk menjalani perawatan di rumahnya di dekat danau Geneva.

Schumacher sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit selama hampir 10 bulan. Ia baru boleh diijinkan pulang setelah terbangun dari koma akibat hantaman keras batu pada kepala saat bermain ski di Pegunungan Prancis pada 29 Desember 2013.

Mantan Manajer Schumacher, Sabine Kehm mengungkapkan bahwa mantan kliennya tersebut kini masih membutuhkan banyak waktu untuk bisa kembali pulih.

"Kami membutuhkan waktu yang panjang. ini akan menjadi waktu yang panjang dan perjuangan yang keras. Tapi, ia telah membuat kemajuan terlepas dari keparahan situasi yang menimpanya," kata kehm seperti dikutip dari the Daily Mail.

Kondisi Michael Schumacher

Pernyataan ini secara tidak langsung membantah anggapan yang diungkapkan mantan pembalap F1, Philippe Streiff bahwa Schumacher mengalami kelumpuhan dan tidak bisa berbicara.

"Saya tidak dapat memastikan laporan itu. Saya hanya bisa memastikan bahwa saya tidak tahu dimana Steiff mendapatkan informasi tersebut, karena ia tak memiliki kontak dengan kami," jelas Kehn.

Lanjut ke halaman berikutnya----->


Kronologi pemulihan Schumacher dari waktu ke waktu

Perjuangan Schumacher untuk pulih dari kecelakaan ski satu tahun lalu sungguh berliku. Dia sempat dirumorkan meninggalkan dan tanpa harapan. Semua itu berhasil diatasi setelah dia bangun dari koma.

Tertutupnya informasi membuat spekulasi kesehatan Michael terjadi. Berikut kronologi bagaimana perkembangan pemulihan Michael Schumacher:

Kronologi pemulihan Schumacher dari waktu ke waktu:

Desember 2013:* Schumacher mengalami kecelakaan ski di Pegunungan Alpen, Prancis

                           *Schumacher dibawa ke rumah sakit Mouiters untuk mendapatkan perawatan pertama

                            *Schumacher dipindahkan ke rumah sakit Grenoble, Prancis dan menjalani dua kali operasi

Bahrain Circuit International

3 Januari 2014: Schumacher rayakan ulang tahun dalam kondisi kritis

9 Februari 2014: Schumacher digosipkan meninggal dunia

4 Maret 2014: Schumacher tunjukan tanda-tanda siuman

Juni 2014-sekarang: Schumacher terbangun dari koma dan keluar dari rumah sakit Grenoble untuk pindah ke rumah sakit di Lausanne di dekat rumahnya

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya