Pemburu Harta Karun Temukan 5 Ribu Keping Uang Logam Kuno

Pemburu harta dan pemilik rumah dapat membagi hasil temuan koin kuno itu bila dinyatakan sah.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Jan 2015, 11:32 WIB
Ilustrasi koin kuno. (BBC)

Liputan6.com, London - Pemburu harta karun amatir mengungkap salah satu timbunan uang logam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Inggris.

"Satu kelompok pemburu harta karun menggunakan alat pendeteksi logam di dekat kota Aylesbury di luar ibukota London, Inggris," demikian dimuat BBC yang dikutip Jumat (2/1/2015).

Mereka mengaku terkejut, ketika menemukan lebih dari 5.000 keping uang perak dalam kondisi prima yang tersimpan di dalam bak dan terkubur tidak terlalu dalam.

Uang logam perak itu diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun. Uang logam bercirikan wajah-wajah raja Anglo Saxon.

Selanjutnya, temuan harta karun itu akan dibawa ke Museum Inggris untuk diperiksa sebelum ditetapkan oleh pihak berwenang apakah uang logam itu adalah harta karun sah.

Bila pihak berwenang menetapkan temuan uang logam sebagai harta karun sah, maka setiap orang yang menemukannya akan mendapat bagian.

Nilai uang logam kuno itu ditaksir US$1,5 juta atau sekitar Rp 18 miliar. Pemilik tanah lokasi penemuan harta karun juga akan mendapat bagian.

Sebelumnya, penemuan benda kuno berupa medali dan koin terjadi di sebuah pulau kecil di selat Malaka, Pulau Nangka. Penemuan harta karun yang tertimbun sejak ratusan tahun lalu di Malaysia itu, juga membuat heboh warganya. (Tnt/Ein)

Baca juga: Harta Karun Era Majapahit Ditemukan di Pulau Nangka Malaysia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya