"Kondisi Barcelona Kacau-balau"

Barcelona musim ini dikritik habis-habisan oleh Hristo Stoichkov.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 07 Jan 2015, 20:02 WIB
Kapten tim Barcelona, Xavi Hernandez (kanan) berjalan tertunduk bersama Lionel Messi usai dikalahkan Real Madrid 1-2 di pada final Piala Raja di Stadion Mestalla, Valencia (17/4/2014). (REUTERS/Albert Gea)

Liputan6.com, Barcelona - Hristo Stoichkov rupanya sangat prihatin melihat kondisi mantan klubnya Barcelona. Apalagi Barca dalam laga terakhirnya menyerah 0-1 di tangan Real Sociedad atau kekalahan ketiga sepanjang musim 2014/15.

Selain Sociedad, Barca juga menyerah di hadapan Real Madrid dan Celta Vigo. Legenda sepak bola Bulgaria itu pun mengkritik habis mantan timnya yang kini dilatih Luis Enrique.

"Sepertinya Barca sedang berada dalam kekacauan. Semuanya terlihat kocar-kacir. Padahal di laga berikutnya mereka harus menghadapi Atletico Madrid," ucap Stoichkov pada radio Onda Cero.

"Tentunya kami tak ingin Barcelona mengulangi era Louis Van Gaal. Meski Barca menang, namun saat itu hanya ada 13 ribu penonton yang datang ke stadion. Saya pikir Barca sedang menuju ke sana," sambungnya.

Lanjut ke halaman berikutnya --->


 

Iniesta jadi korban El Clasico sehingga mesti menepi tiga pekan.

Menurut Stoichkov, permasalah di Barcelona muncul saat mereka menunjuk Enrique sebagai pelatih. Pria berumur 44 tahun itu dianggap tak bisa memaksimalkan pemain-pemain bintang yang ada di skuatnya.

"Barcelona mengikuti cara yang sama seperti saat Joan Gaspart menduduki kursi presiden klub. Saat itu Barca menghabiskan banyak uang hanya untuk mendatangkan pemain yang tidak berguna," ucapnya lagi.

Stoichkov menganggap Barca saat ini lebih senang mengandalkan pemain-pemain asing. Padahal klub asal Katalan itu dikenal luas sebagai pencetak pemain hebat dunia.

Musim ini Barca memang mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan pemain baru. Sejumlah pemain papan atas seperti Luis Suarez, Thomas Vermaelen, Ivan Rakitic, Jeremy Mathieu, dan Claudio Bravo didatangkan ke Estadio Camp Nou.

Namun sejauh ini baru Bravo, Rakitic, dan Mathieu yang tampil konsisten. Sementara yang lainnya belum menemukan bentuk permainan terbaik. Bahkan Vermaelen belum sekalipun tampil dengan tim utama karena terus bermasalah dengan cedera.

Lanjut ke halaman berikutnya --->


 

Lionel Messi (GERARD JULIEN / AFP)

Masalah kubu Los Blaugrana tak hanya itu saja. Selama setahun mereka dilarang belanja pemain oleh UEFA karena melanggar peraturan transfer. Oleh sebab itu, mereka belanja besar-besaran pada musim panas 2014 lalu.

Selain itu, Stoichkov juga mengkritik Enrique terkait hubungannya dengan Lionel Messi. Menurutnya, Enrique salah total saat mencadangkan Messi dan Neymar di laga konra Real Sociedad.

"Mereka tak tahu bagaimana caranya menjaga Messi. Dia dan Neymar tak bisa disalahkan. Yang justru disalahkan adalah orang yang memberikannya liburan panjang," ucap Stoichkov seperti dilansir Daily Mail.

"Jika Anda libur panjang dan saat kembali sudah dilibatkan dalam pertandingan, maka tentu saja Anda sangat mungkin mendapatkan cedera. Mereka tak bisa menjaga Messi," tegasnya.

Baca juga:

Gerrard Tak Sabar Bermain di Amerika

Gelandang Liverpool Sepakat Hijrah ke Milan

Hasil dan Klasemen Lengkap Serie A Usai Juventus-Inter Imbang

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya