Lupa Taruh Barang? Coba Pejamkan Mata dan Anda Akan Ingat

memejamkan mata bisa meningkatkan kekuatan otak.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 17 Jan 2015, 09:00 WIB
ilustrasi pejamkan mata. Foto: tanguito.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian yang dilakukan University of Surrey menemukan bahwa memejamkan mata bisa meningkatkan kekuatan otak. Jadi jika Anda lupa mengingat password Anda atau lupa menaruh barang penting, jangan segan untuk memejamkan mata dan mengingatnya kembali.

Psikolog yang juga peneliti Robert Nash mengatakan ada kemungkinan bahwa orang-orang yang menutup matanya bisa membantu mengingat kembali apa yang terlewatkan.  Dia menunjukkan, bahwa dalam penelitiannya, ia melibatkan hampir 200 pria dan wanita yang menonton film pendek dan meminta mereka menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka lihat.

Hasilnya, sebagian dari mereka yang menjawab dengan mata tertutup cenderung mengingat beberapa adegan kecil.

"Mereka yang matanya terbuka, hanya 48 persen jawabannya benar. Tapi mereka yang memejamkan mata, 71 persen mengingat setiap adegan dengan baik," katanya.

"Teknik ini cukup menarik mengingat kadang seseorang cenderung menyepelekan sesuatu. Dalam penelitian sebelumnya bahkan disebut kalau memejamkan mata sesaat dapat mengembalikan memori beberapa tahun lalu," kata Nash pada Dailymail, Jumat (16/1/2015).

Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Legal and Criminological Psychology ini juga menunjukkan menunjukkan bagaimana polisi dapat mengumpulkan lebih banyak saat mewawancarai saksi mata. Bagaimana dengan Anda?

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya