10 Tips Aman Naik Taksi ala GrabTaxi

Sebagai catatan, tips ini juga merupakan masukkan dari travel blogger berpengalaman, Marischka Prudence.

oleh Adhi Maulana diperbarui 21 Jan 2015, 20:00 WIB
Aplikasi GrabTaxi (grabtaxi.com)

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang kerap merasa ketakutan ketika berpergian menggunakan taksi?

Jawabannya mungkin ya atau tidak. Namun bagaimanapun tak dapat dipungkiri lagi jika belakangan ini memang tingkat tindak kriminal yang melibatkan armada taksi terus meningkat.

Para pengguna layanan taksi sudah seharusnya waspada dan menyiapkan langkah-langkah pengamanan. Lalu apa saja sebenarnya yang harus dilakukan calon penumpang taksi agar keamanan dan keselamatannya tetap terjamin?

GrabTaxi selaku aplikasi pemesanan online layanan taksi telah merumuskan 10 tips aman menggunakan taksi. Sebagai catatan, tips ini juga merupakan masukkan dari travel blogger berpengalaman, Marischka Prudence.

Berikut ulasannya:

1. Perhatikan data-data terkait nama pengemudi, foto pengemudi, nomor seri kendaraan, dan nomor polisi kendaraan. Sempatkan diri untuk mencatatnya.

2. Pastikan tidak ada orang lain di dalam mobil selain Anda dan pengemudi. Jangan sungkan untuk mngecek bagasi sebelum perjalanan di mulai.

3. Jangan sampai ketiduran di perjalanan. Bila Anda lelah atau sakit, usahakan mengajak teman untuk berbagi taksi.

4. Jangan sembarangan berbagi taksi dengan orang yang tak dikenal.

5. Pastikan posisi duduk Anda menyilang dengan posisi menyupir sang pengemudi. Pengemudi di sebelah kanan, maka Anda disarankan untuk duduk di kursi penumpang sebelah kanan agar gerak-gerik pengemudi sepenuhnya terpantau.

6. Pastikan argo menyala untuk menentukan tarif perjalanan secara tepat.

7. Beri kabar pada kerabat atau keluarga terkait perjalanan menggunakan taksi yang Anda lakukan. Informasikan lokasi penjemputan dan lokasi yang Anda tuju. Bila menggunakan aplikasi GrabTaxi, Anda bisa memanfaatkan fitur Share My Ride.

8. Jangan menonaktifkan alat komunikasi dan siapkan speed dial untuk melakukan panggilan telepon cepat ke nomor keluarga atau kerabat.

9. Pastikan kaca tertutup dan pintu terkunci, namun tetap bisa dibuka oleh Anda sendiri.

10. Jangan ragu untuk menentukan jalur perjalanan yang mesti ditempuh menuju lokasi yang dituju.

(dhi/isk)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya