Pilot Berfoto Selfie Penyebab Kecelakaan Pesawat di AS

Dari rekaman video, pilot diketahui tengah mengambil foto selfie sesaat sebelum kecelakaan terjadi.

oleh Rizki Gunawan diperbarui 04 Feb 2015, 07:29 WIB
(Credit: ABC)

Liputan6.com, Watking - Badan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) merilis hasil penyelidikan terkait jatuhnya pesawat cessna di Watking, Colorado pada 31 Mei 2014 lalu.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 00.30 dini hari itu menyebabkan 2 penumpang yang berada di dalamnya tewas. Mereka yakni pilot bernama Amritpal Singh (29) dan penumpang Jatinder Singh (31).

Dari hasil penyelidikan tersebut, NTSB menduga kuat pesawat jatuh karena pilot diduga kuat berfoto selfie. Sebab penyelidik menemukan kamera video GoPro yang masih dalam kondisi utuh di dekat lokasi kecelakaan.

Dari rekaman video tersebut, pilot Amritpal Singh diketahui tengah mengambil foto selfie sesaat sebelum kecelakaan terjadi.

"Flash kameranya aktif dan menerangi ruang kokpit dalam waktu sekejap," demikian laporan NTSB, yang dimuat CNN, Rabu (4/2/2015).

Dijelaskan bahwa, akibat mengambil foto selfie, pilot mendadak kehilangan kendali hingga menyebabkan pesawat mengalami stall dan jatuh.

Namun demikian, selain karena berfoto selfie, investigator NTSB juga meyakini ada masalah pada sistem pesawat yang juga menjadi penyebab lainnya.

Kesimpulan itu diyakini lantaran Pilot Amritpal Singh memiliki jam terbang yang dinilai cukup berpengalaman. Yakni total 726 jam terbang dan 27 di antaranya adalah penerbangan yang dilakukan pada malam hari. (Riz)


Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya