Laskar Dewa Ruci Ingin Selamatkan Jokowi

Direktur LBH Laskar Dewa Ruci, Acong Latif mengatakan setelah diusulkan, Jokowi harus segera melantik Komjen Budi Gunawan secepatnya.

oleh Kukuh Saokani diperbarui 14 Feb 2015, 17:47 WIB
Jokowi

Liputan6.com, Bandung - Sekitar 3 ribu orang yang tergabung dalam Laskar Dewa Ruci akan dikerahkan menuju Jakarta untuk meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi agar segera melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Direktur LBH Laskar Dewa Ruci, Acong Latif mengatakan setelah diusulkan, Jokowi harus segera melantik Komjen Budi Gunawan secepatnya karena telah dilakukan pengujian dan disetujui oleh DPR RI lewat sidang paripurna.

Bila tidak, lanjut dia, maka Jokowi akan melanggar melanggar UUD sebagai perbuatan tercela yang dapat dilengserkan.

"Kita ingin menyelamatkan Presiden Jokowi, kalau tidak segera dilantik maka Presiden Jokowi akan melanggar UUD karena jelas sesuai dengan Pasal 11 ayat 1 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, Kapolri diangkat oleh Presiden dan Pasal 11 ayat 2 UU 2 / 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia bahwa Kapolri diusulkan kepada DPR RI dan harus persetujuan DPR," kata Acong saat ditemui di Bandung, Sabtu (14/2/2015).

"Untuk itu kita akan mengerahkan massa sebanyak 3.000 orang yang akan diberangkatkan Senin 16 Februari nanti agar Presiden segera melakukan pelantikan," tambah dia.

Acong menjelaskan, pelantikan tersebut dapat menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara dari perwujudan pelaksanaan mekanisme pemilihan Kapolri.

"Perwujudan dari harmonisasi hubungan antara Lembaga Negara dalam hal ini DPR RI dan Lembaga Kepresidenan," tutur Acong.

Sekretaris Laskar Dewa Ruci Frandes Iko mengatakan, 3.000 orang itu akan diberangkatkan dengan menggunakan beberapa kendaraan.

"Ini dulunya adalah relawan jokowi. Setelah dicermati ada sedikit kekecewaan dengan sikap Jokowi. Kami sedikit protes agar Jokowi tidak terjebak permainan politik. Kami ingin menyelamatkan Jokowi," pungkas Frandes. (Tnt/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya