Menko Tedjo: Bom di ITC Depok Itu Kecil

Benda diduga bom meledak di dalam toilet gedung ITC Depok, Jawa Barat, Senin 23 Februari 2015.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 24 Feb 2015, 13:46 WIB
Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Benda diduga bom meledak di dalam toilet gedung ITC Depok, Jawa Barat, Senin 23 Februari 2015. Meski tak menimbulkan kerusakan yang parah, namun tetap saja peristiwa ini membuat gempar.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy menilai, insiden tersebut hanya ledakan bom kecil.

"Itu bom kecil ya, itu ada orang di kamar mandi sebelah bom, tidak ada dampaknya kerusakan atau korban jiwa tidak ada," ujar Tedjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Walau menganggap daya ledak bom tersebut kecil dan tidak membahayakan banyak orang, namun Tedjo mengaku telah menerjunkan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menyelidiki kejadian ini. Termasuk adanya dugaan keterlibatan teroris.

"Kita masih waspada, dan ini masih didalami BIN nanti suatu saat akan dirilis. Kita tetap waspada saja situasi begitu, jadi kalau ada benda mencurigakan, kita minta untuk langsung dilaporkan," tutur Tedjo.

Tedjo juga mengungkapkan, ledakan bom di ITC Depok tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Jokowi yang saat ini tengah memantau situasi. "Ya semalam sudah dibicarakan dengan Presiden," ujar dia.

Seorang saksi yang merupakan pengunjung ITC Depok, Guruh (31) mengaku menemukan benda diduga bom pada Senin 23 Februari 2015 sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu dirinya sedang buang air di toilet. 1 Jam kemudian ia mengaku mendengar suara ledakan dari dalam toilet.

"Sedang buang air kecil dan tidak lama mendengar suara ledakan dari dalam toilet kemudian memberitahu security," ujar Guruh. (Ndy/Mut)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya