Raih Poling Tertinggi, Erick Thohir Jadi Figur Cawapres Paling Kuat

Menteri BUMN Erick Thohir masih menjadi figur cawapres tertinggi versi poling The Matchmaker.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Feb 2023, 19:29 WIB
Erick Thohir bukan sosok yang asing di dunia olahraga. Ia cukup aktif baik di sepak bola dan basket. ET kini maju sebagai calon Ketua PSSI. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir konsisten menjadi figur calon wakil presiden (Cawapres) terkuat jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Erick berhasil meraih hasil poling tertinggi versi The Matchmaker.

Hasil poling The Matchmaker pada 9 Februari 2023 mencatatkan Erick Thohir berada di posisi teratas dengan raihan 2.355 poin sebagai figur cawapres pilihan untuk bertarung pada Pilpres 2024.

Keberadaan Erick Thohir jauh di atas Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang berada posisi kedua. Kemudian Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Ini merupakan hasil poling yang berlangsung pada periode 1 Desember 2022 - 9 Februari 2023. Selama periode ini, tercatat sudah ada 5.504 voters The Matchmaker yang ikut serta dalam poling.

Keterangan dalam The Matchmaker menjelaskan bahwa program ini khusus dibuat untuk mengukur tingkat keterpilihan figur potensial maju di Pilpres 2024.

Lewat The Matchmaker, masyarakat juga diminta menentukan pilihan dengan menyatukan para tokoh menuju Pilpres 2024 sebagai duet calon presiden dan calon wakil presiden.

Diketahui figur-figur dalam poling The Matchmaker ini didapatkan dari hasil temuan beragam lembaga survei terpercaya, seperti Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Charta Politika, Litbang Kompas, dan lain-lain.


Erick Thohir Cawapres Terkuat di PAN

Menteri BUMN Erick Thohir melangsungkan senam pagi bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (Dok. Istimewa)

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir digadang-gadang menjadi figur kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang kuat untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hal ini membuat banyak partai politik yang kepincut untuk mengusung orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

Salah satunya Partai Amanat Nasional (PAN). Wakil Ketua Umum (Waktum) DPP PAN, Yandri Susanto mengatakan, Erick Thohir menjadi kandidat cawapres terkuat di internal partainya.

Banyak kader dan akar rumput yang menginginkan agar partai pimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas) ini mengusung Erick Thohir untuk menjadi Cawapres 2024. Bahkan tak sedikit kader PAN yang mendorong agar Erick Thohir dipasangkan dengan capres potensial Ganjar Pranowo di Pilpres mendatang.

"Untuk (usungan) posisi cawapres, saya kira Bang Erick Thohir terkuat sekarang di internal partai," kata Yandri kepada wartawan, seperti dikutip pada Senin (29/1/2023).

Erick Thohir sendiri memang diketahui memiliki hubungan yang sangat dekat dengan PAN. Keduanya sering terlihat bersama seiring waktu mendekati pilpres.

PAN bahkan sering mengajak Erick Thohir untuk berkeliling ke berbagai daerah untuk diperkenalkan kepada para kader dan akar rumput. Terbaru, PAN dan Erick Thohir terlihat bersama di Kota Depok, Jawa Barat.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya