Kronologi Kebakaran Wisma Kosgoro

Kebakaran gedung Kosgoro berlangsung sejak Senin kemarin pukul 18.30 WIB di lantai 16. Satu jam kemudian api merembet ke sejumlah lantai di

oleh Liputan6 diperbarui 10 Mar 2015, 13:08 WIB
Penampakan Wisma Kosgoro yang mengalami kebakaran, Jakarta, Senin (9/3/2015). Tingginya gedung dan hembusan angin yang kencang membuat api sulit untuk dipadamkan (Twitter.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran melanda Wisma Kosgoro di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Kronologi kebakaran berawal pada Senin 9 Maret kemarin sekitar pukul 18.30 WIB dimana api bermula dari lantai 16 dan terus merembet ke beberapa lantai di atasnya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (10/3/2015), sekitar pukul 19.30 WIB kebakaran merembet ke lantai 18 dan kobaran api tampak semakin membesar. Menjelang tengah malam api sudah mencapai puncak gedung di lantai 20.

Pemadaman yang dinilai lamban disesalkan pemilik gedung Hayono Isman. Menurutnya, kebakaran yang semula terjadi di lantai 16 merembet ke lantai lain akibat crane atau skylift terlambat datang.

"Kejadiannya sudah pada saat maghrib. Sayangnya crane-nya yang hedrolik tinggi itu baru datang jam setengah 10 malam. Jadi itu terlambat yang luar biasa. Saya terima kabar dari teman yang kerja di DKI, minta maaf karena itu di Ciracas. Nah, saya mengatakan mengapa ini di Ciracas. Gedung tinggi itu ada di Sudirman-Thamrin," ujar Hayono.

Sementara Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) membantah jika pemadaman api terlambat karena skylift yang ada di Ciracas, Jakarta Timur tidak segera datang. Sebab pemadaman api dari luar gedung bukan hal utama. Instalasi pemadaman di gedung Kosgoro yang buruk membuat kebakaran sulit diatasi.

Petugas mengerahkan 35 unit mobil pemadam kebakaran termasuk skylift yang bisa mencapai ketinggian 90 meter. Sejauh ini tidak ditemukan korban jiwa dalam kebakaran yang menghanguskan 5 lantai gedung Kosgoro. (Nfs/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya