5 Dalang Wayang Paling Populer Di Indonesia

Indonesia yaitu bangsa yang memiliki macam kebudayaan. Dari beragam budaya itu satu diantaranya yaitu seni boneka wayang.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Mar 2015, 15:35 WIB
Indonesia yaitu bangsa yang memiliki macam kebudayaan. Dari beragam budaya itu satu diantaranya yaitu seni boneka wayang.

Citizen6, Jakarta Mulai sejak zaman dahulu, seni pertunjukan boneka ini memanglah paling popular di Jawa serta Bali. Tetapi banyak daerah seperti Sumatera serta Semenanjung Malaya juga mempunyai sebagian budaya wayang yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa serta Hindu.

Wayang juga sangat bermacam-macam jenisnya. Seperti wayang kulit, wayang kayu, wayang orang, wayang rumput, serta wayang motekar. Indonesia juga bisa berbangga hati karena UNESCO sudah memasukkan seni wayang ke Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia mulai sejak 2003 silam.

Nah, bicara perihal wayang tidak bakal lengkap bila tidak mengulas perihal dalangnya. Dalam dunia pewayangan, dalang dikatakan sebagai seorang yang mempunyai ketrampilan spesial memainkan boneka wayang. Mereka mesti dapat 'ndalang' wayang waktu pertunjukan.

Ketrampilan ndalang itu umumnya didapat dari bakat turun-temurun leluhurnya. Seseorang anak dalang bakal dapat mendalang tanpa ada belajar dengan cara resmi. Dia bakal ikuti ayahnya pada saat mendalang dengan menolong membawakan peralatan, membenahi panggung, mengatur wayang (nyimping), jadi pengrawit, atau duduk di belakang ayahnya untuk menolong menyiapkan wayang yang bakal dimainkan.

Berikut 5 Dalang Wayang Paling Populer Di Indonesia :

1. Ki Nartosabdo


Ki Nartosabdo yaitu seseorang seniman musik serta dalang wayang kulit legendaris dari Jawa Tengah, Indonesia. Nama asli Ki Nartosabdo yaitu Soenarto. Adalah putra seseorang perajin sarung keris bernama Partinoyo.

Ki Nartosabdo bisa disebutkan juga sebagai pembaharu dunia pedalangan di tahun 80-an. Dobrakannya dalam memasukkan gending-gending ciptaannya bikin banyak dalang senior yang menyudutkannya. Bahkan juga ada RRI di salah satu kota memboikot hasil karyanya. Walau sekian support juga mengalir diantaranya dari dalang-dalang muda yang inginkan pengembangan dimana seni wayang sebaiknya lebih luwes serta tak kaku.

Terkecuali juga sebagai dalang terkenal, Ki Narto juga di kenal juga sebagai pencipta lagu-lagu Jawa yang sangatlah produktif. Lewat group karawitan bernama Cenderung Raos yang ia dirikan, lahir seputar 319 buah judul lagu atau gending, diantaranya yang populer Gambang Suling, Ibu Pertiwi, Klinci Ucul, Prau Monitor, serta Rujak Jeruk.

Siapa saja dalang Indonesia yang paling popuer, Selengkapnya

Pengirim:
Ade Sutisna

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya