Meski Hujan, Ritual Melasti di Palu tetap Khidmat

Walaupun hujan, pelaksanaan ritual Melasti menyambut hari raya Nyepi di Palu tetap berjalan khidmat.

oleh Dio Pratama diperbarui 20 Mar 2015, 15:35 WIB

Liputan6.com, Palu Umat Hindu menggelar ritual Melasti di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (19/3/2015). Ritual yang diikuti ribuan orang ini digelar untuk penyucian diri bagi umat Hindu dalam menyambut datangnya Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937 yang jatuh pada Sabtu 21 Maret 2015.

Ritual yang digelar tiga hari menjelang Nyepi ini berjalan cukup khidmat dan lancar meskipun sempat turun air hujan di lokasi. "Meski hujan, ritual tetap berjalan. Hujan bukan penghalang, karena banyak juga peserta yang membawa payung. Syukur, ritual kali ini bisa lancar dan khidmat," kata salah satu peserta ritual Melasti, I Wayan, di lokasi ritual yang dipusatkan di Pantai Dupa, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Peserta ritual lainnya, Made, menambahkan bahwa ritual Melasti menyangkut 2 hal, yakni Bhuana Agung atau alam semesta dan Bhuana Alit yang diartikan sebagai jiwa raga manusia. "Ritual ini tujuannya untuk penyucian dengan harapan Nyepi yang akan berlangsung Sabtu nanti bisa dijalani dengan tenang dan damai bagi seluruh umat Hindu yang melaksanakan," tandas Made.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Pelaksanaan ritual sekali dalam setahun ini cukup menarik perhatian warga. Itu terlihat jelas dari menyemutnya warga di sekitar lokasi pelaksanaa ritual.

Foto dok. Liputan6.com

Foto dok. Liputan6.com

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya