Cek Jalan Utama di Jakarta yang Ditutup Saat KAA

Penutupan tidak seharian, hanya berlangsung kala para pemimpin dunia menuju lokasi konferensi di Gedung JCC, Senayan, Jakarta.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 16 Apr 2015, 15:04 WIB
Bendera negara peserta Konferensi Asia Afrika ke-60 terpasang di dinding proyek MRT kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (14/4/2015). Persiapan ini dilakukan di sepanjang jalur yang dilalui peserta negara KAA ke-60. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung tinggal menghitung waktu. Panitia Nasional tengah menggenjot segala bentuk persiapan jelang hajatan skala internasional itu.

Salah satu yang terus dipersiapkan adalah infrastruktur KAA. Termasuk di dalamnya rencananya penutupan sejumlah jalur utama.

Kasubdit Kerja sama Intrakawasan Asia Afrika Afrika Kementerian Luar Negeri Ferdy Piay mengatakan, pemerintah memastikan akan ada penutupan jalan. Sejumlah jalan yang ditutup termasuk beberapa jalur utama di Ibukota.

"Penutupan jalan itu akan dilakukan," ujar Ferdy di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Ferdy menjelaskan, penutupan dilakukan karena akan banyak kepala negara yang datang. Penutupan jalan ini demi kelancaran KAA.

"(Jalan yang akan ditutup) Sudirman, Kuningan, Gatot Soebroto menuju Kuningan. Jadi tanggal 21, 22, 23 April sangat banyak penutupan jalan," kata Ferdy.

Ferdy memastikan penutupan jalan tidak akan berlangsung seharian. Penutupan berlangsung kala para pemimpin dunia menuju tempat konferensi di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

"Kita tidak akan menutup seharian, 22-23 April semua leader diharapkan mengikuti acara, jadi pagi itu pasti ada penutupan sangat masif," tandas dia.

KAA ke-60 akan dilaksanakan di 2 kota yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April. Agenda KAA meliputi 'Asia-Afrika Bussiness Summit' dan 'Asia-Africa Carnival'.

Hingga Senin 13 April 2015, Kementerian Luar Negeri memastikan 72 negara telah mengonfirmasi kehadirannya dalam KAA ke-60.

Tema KAA ke-60 yang dibawa Indonesia dalam acara yang akan dihadiri 109 pemimpin negara dan 25 organisasi internasional tersebut adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan selatan, kesejahteraan, serta perdamaian. (Mvi/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya