Ke Bandung Via Darat, Penjagaan 3 Pemimpin Negara Disiapkan

Ada 3 kepala negara yang akan menggunakan jalur darat dari Jakarta menuju lokasi puncak perhelatan KAA di Bandung, Jawa Barat.

oleh Oscar Ferri diperbarui 20 Apr 2015, 19:45 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti dan Istri Ny. Tejaningsih Haiti berfoto bersama usai pelantikan sebagai Kepala Polri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengaku telah menyiapkan pengawalan khusus bagi para kepala negara yang memilih melewati jalur darat dari Jakarta ke lokasi puncak peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Jawa Barat.

Ada 3 kepala negara yang akan menggunakan jalur darat dari Jakarta menuju Bandung. Mereka, yakni Presiden Jokowi, Presiden Tiongkok Xi Jinping‎, dan Raja Brunei Darussalam Sultan Hassanah Bolkiah.

"‎Tentu sudah kita persiapkan kalau memang rencana itu dilaksanakan," ujar Badrodin saat mengecek pengamanan peringatan KAA ke-60 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (20/4/2015).

Badrodin menjelaskan, pengamanan yang berlaku disesuaikan dengan jalur yang digunakan para kepala negara dan pemerintahan saat menuju Bandung. Baik itu jalur udara maupun darat.

Khusus untuk darat, lanjut dia, akan ada pengawalan yang melekat saat perjalanan dan pengamanan per wilayah.‎

"Kalau ada kepala negara yang melalui darat, kita juga mempersiapkan pengamananannya. Pengamanannya itu kan pengamanan di jalur, baik yang melekat maupun yang kewilayahan. Semua itu sudah kita siapkan," ucap Badrodin.‎

‎Sebelumnya, Penanggung Jawab Acara Peringatan KAA ke-60 Luhut Pandjaitan sudah mengonfirmasi tentang pilihan jalur darat yang akan ditempuh ketiga petinggi negara itu saat puncak KAA 24 April 2015. Namun, dia menyatakan, ketiganya tidak akan menaiki satu mobil yang sama.

"Jokowi, Presiden RRT, dan Sultan Brunei tidak akan berada dalam satu mobil. Terpisah, mobilnya berbeda-beda," ucap Luhut.

Sedangkan kepala negara atau kepala pemerintahan yang lain, kata dia, akan ke Bandung melalui jalur udara dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Baik menggunakan pesawat Garuda Indonesia yang telah disiapkan Pemerintah Indonesia, maupun dengan jet pribadi yang memang dibawa oleh sejumlah kepala negara. (Ndy/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya