Raja Thailand Dilarikan ke Rumah Sakit

Thailand mengatakan akan ada beberapa pemeriksaan kesehatan untuk Raja Bhumibol.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 01 Jun 2015, 11:33 WIB
Dalam sambutannya, Raja Bhumibol menyampaikan pesannya pada segenap masyarakat Thailand agar bisa menjaga stabilitas negara. Hal itu penting demi keamanan Thailand (AFP Photo/Indranil Muherjee)

Liputan6.com, Bangkok - Kabar mengejutkan datang dari negera tetangga Thailand. Raja Negeri Gajah Putih Bhumibol Adulyadej dilarikan ke rumah sakit.

Keterangan tersebut disampaikan langsung oleh Otoritas Thailand. Mereka mengatakan akan ada beberepa pemeriksaan kesehatan untuk Raja Bhumibol.

"Raja Thailand tengah dibawa ke rumah sakit, ada beberapa pengecekan kesehatan dan dia akan diopname selama satu malam," sebut pernyataan resmi Pemerintah Thailand, seperti dikutip dari Reuters Senin (1/6/2015).

Meski tidak dibeberkan sakit yang diderita pria berumur 87 tahun tersebut, Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand menjelaskan detak jantung serta pernafasan masih normal.

"Tes darah serta suhu tubuh (Raja Bhumibol) juga tak mengalami kelainan," sambung pernyataan resmi Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand.

Kondisi kesehatan Raja Bhumibol setahun belakangan terus menjadi perhatian serius. Sebab, Orang Nomor Satu di Thailand kerap masuk ke luar ruang perawatan.

Pada 2014 lalu, bahkan tindakan operasi dilakukan kepada Raja Bhumibol. Kala itu sang Raja menderita sakit gangguan kantong empedu.

Meski tidak campur tangan secara langsung dalam roda pemerintahan Thailand, pengaruh Raja Bhumibol masih sangat besar di negara ini. Saat Negeri Seribu Pagoda dilanda pertikaian politik, besar komentar serta arahannya selalu menjadi pedoman Warga dan pihak bertikai Thailand dalam mencari solusi. (Ger/Yus)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya