Waspada, Bakteri Tinja Bisa Hidup di Sikat Gigi

Menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi merupakan kegiatan penting agar nafas tetap segar.

oleh Liputan6 diperbarui 09 Jun 2015, 17:32 WIB
Menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi merupakan kegiatan penting agar nafas tetap segar.

Citizen6, Jakarta Menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi merupakan kegiatan penting agar nafas tetap segar. Namun kini tidak hanya kebersihan gigi, sikat gigi sebagai alat untuk membersihkannya pun tidak boleh luput dari perhatian anda. Penelitian terbaru menunjukan bahwa sikat gigi berpotensi sebagai medium hidup bakteri dari tinja.

Sebuah studi baru dari Quinnipiac University of Connecticut, Amerika Serikat baru-baru ini mnemukan, sebanyak 60 persen kemungkinan sikat gigi Anda tertutup dengan bakteri tinja, terlepas dari seberapa sering Anda membersihkannya.

Untuk penelitian ini, peneliti mengumpulkan puluhan sikat gigi milik mahasiswa yang menggunakan kamar mandi bersama di Universitas Quinnipiac. Mereka kemudian memeriksa penyebaran bakteri coliform fecal yang berbentuk batang dan biasa ditemukan pada kotoran manusia. Hasilnya, sekitar 60 persen bakteri yang ada di sikat gigi adalah bakteri tinja, dan 80 persen bakteri dikontribusikan dari tinja yang berasal dari orang berbeda. (kw)

Selengkapnya 

Pengirim:

Wiwik Setyawati

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya