Pasokan Ikan Dipastikan Aman Hingga Lebaran

hal ini terlihat dari stok di beberapa kota besar cukup aman seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya

oleh Septian Deny diperbarui 15 Jun 2015, 11:30 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menargetkan tahun 2015 harga ikan tidak mahal lagi dan Industri perikanan Indonesia bisa mengekspor ikan ke luar negeri, Jakarta, Minggu (11/1/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan pasokan ikan untuk kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan dan Lebaran 2015 tercukupi.

Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) KKP Saut P. Hutagalung mengatakan, hal ini terlihat dari stok di beberapa kota besar cukup aman termasuk di kota-kota besar yang bukan produsen utama ikan seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Sampai menjelang puasa dan lebaran pasokan ikan diperkirakan cukup aman mengingat tidak terdapat faktor yang dapat diperkirakan mengganggu produksi seperti gelombang besar atau banjir seperti terjadi tahun 2014 atau penyakit ikan pada ikan budidaya," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (15/6/2015).

Dia menjelaskan, berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pasokan ikan menjelang lebaran agak menurun khususnya untuk ikan laut. Ini disebabkan oleh banyak nelayan yang tidak melaut. Namun demikian, keadaan tersebut sudah diantisipasi oleh para pemasok dan ritel modern dengan cara melakukan stok ikan seminggu sampai sebulan sebelum lebaran.

Sedangkan menurunnya pasokan ikan laut di beberapa daerah, diantisipasi dengan substitusi pasokan dari ikan budidaya. "Para pedagang besar biasanya sudah antisipasi jika menyambut lebaran, jadi memang stok ikan tidak perlu dikhawatirkan," kata dia.

Menurut Saut, dalam kondisi normal, kebutuhan ikan nasional per hari diperkirakan sebesar 26 ribu ton. Dan selama puasa, kebutuhan ikan per hari diperkirakan meningkat menjadi sebesar 31 ribu ton per hari atau meningkat sekitar 20 persen.

Peningkatan kebutuhan ikan selama puasa biasanya mulai terjadi setelah satu minggu memasuki bulan puasa hingga menjelang lebaran. Selain itu, peningkatan permintaan ikan juga biasanya akan terjadi hingga satu minggu setelah lebaran.

Oleh karenanya, selama puasa hingga H+7 lebaran, total kebutuhan ikan nasional diperkirakan sebesar 1,18 juta ton. Sementara itu, diprediksi ketersediaan ikan nasional selama puasa hingga H+7 sebesar 1,25 juta ton.

"Puasa dan lebaran kebutuhan pasti meningkat, tapi melihat stok yang ada dipastikan tahun ini kebutuhan akan ikan masih aman," tandasnya. (Dny/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya