Jangan Lupa Buah dan Sayur untuk Menu Buka dan Sahur

Kurangi makanan berlemak dan manis berlebih.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 24 Jun 2015, 17:08 WIB
orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi serta mampu bersikap positif.

Liputan6.com, Jakarta Kala anak sudah mulai menjalani ibadah puasa yuk kenalkan menu makan sehat pada buka dan sahur agar puasa jadi sehat. Menurut dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono dengan puasa sehat, anak dapat terhindar dari potensi obesitas.

Menurut dokter Fiastuti, salah satu prinsip terpenting yang harus diperhatikan orangtua adalah melengkapi makanan anak dengan sayur dan buah, baik sahur dan berbuka puasa.  "Kurangi makanan berlemak dan makanan manis yang seringkali disuguhi pada anak. Ganti manis dari makanan atau minuman berlebih dengan buah," terang dokter Fiastuti seperti dikutip pers rilis acara yang digelar Zespri pada Selasa (23/6/2015) di Jakarta.

Sebaiknya, buah yang dipilih kaya serat agar membantu agar anak merasa kenyang lebih lama dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, pilih juga buah kaya vitamin dan nutrisi tinggi agar kebutuhan vitaminnya tercukupi. 

Salah satu buah yang baik dikonsumsi di Ramadan adalah kiwi. Buah yang satu ini kaya Vitamin C sehingga dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit agar anak tetap sehat dan fit selama bulan puasa dan saat Lebaran tiba.

 

Baca Juga:

Cara Bijak Beritahu Makna Puasa pada Anak

Selain Air Putih, Coba 5 Minuman Sehat Ini Saat Buka Puasa

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya