Menteri Jonan: Puncak Arus Balik Diperkirakan H+7 Lebaran

Jonan mengatakan, arus mudik pada tahun ini secara umum lebih tertata dibandingkan tahun lalu.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jul 2015, 21:01 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memprediksi, puncak arus balik Lebaran 2015 bakal terjadi pada H+7 atau pada 24 Juli 2015.

"Sebenarnya arus balik sudah tidak ada lagi, karena semuanya sudah dapat tiket, namun kalau untuk moda transportasi darat diperkirakan puncak arusnya pada tanggal 24-25 Juli," kata Ignasius saat silaturahim ke rumah Ketua DPR Setya Novanto di Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Jonan mengatakan, arus mudik pada tahun ini secara umum lebih tertata dibandingkan tahun lalu. Menurut dia, salah satu contohnya, yakni dari segi waktu tunggu. Waktu tunggu di Pelabuhan Merak Banten dan Gili Manuk Bali hanya sekitar 45 menit.

Dia menuturkan, pelayanan di bandara pun semakin rapi. Begitu juga dengan pelayanan kereta api yang semakin baik. Hanya terminal bus yang tidak terlalu ramai karena sudah banyak program mudik gratis.

Sementara itu, dia juga menanggapi soal penutupan sejumlah bandara yang terkena imbas erupsi Gunung Raung di Jawa Timur. Jonan mengaku tak dapat memastikan kapan bandara itu bakal dibuka lagi.

"Kami tidak dapat memastikan kapan bandara dapat dibuka kembali karena masalah ini sangat tergantung dengan alam," ujar dia.

Salah satu bandara yang telah dibuka adalah Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo, Jatim. Bandara itu kembali beroperasi pukul 09.00 WIB tadi setelah sempat ditutup selama hampir 20 jam. (Ant/Ndy/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya