JK Sarankan Produsen Mobil Pakai Komponen Lokal

Kata JK, bila menggunakan komponen dalam negeri, maka akan membuat perekonomian berjalan.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 20 Agu 2015, 12:23 WIB
Jusuf Kalla (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi yang melambat memengaruhi pula industri mobil. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sudirman M Rusdi mengatakan produksi dan penjualan mobil tahun ini lebih rendah dibandingkan penjualan tahun sebelumnya.

Sudirman merinci produksi mobil tahun ini turun 14 persen, sementara penjualan turun 18 persen. Wakil Presiden Jusuf Kalla merespons bahwa kondisi perekonomian dunia yang kurang baik, tentu berimbas pada industri mobil. Salah satu cara yang harus dilakukan saat ini adalah mengembangkan pasar dalam negeri.

"Apa yang bisa dikembangkan ekonomi nasional, ialah kembangkan pasar dalam negeri. Pasar dunia harga menurun sehingga tidak mudah," kata JK, saat membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), di Indonesia Convention Exhibition‎ (ICE), BSD, Tangerang‎, Kamis (20/8/2015).

‎Mengembangkan pasar dalam negeri, lanjut JK, bisa dimulai dengan mengutamakan penggunaan komponen lokal. Bila menggunakan komponen dalam negeri, maka akan membuat perekonomian berjalan.

"Pakailah komponen dalam negeri, itu salah satu sumbangsih Anda (pengusaha otomotif)," ‎tutur JK.

Tidak sekadar mengimbau, JK menuturkan pemerintah telah membuktikan dengan menggunakan komponen lokal dalam pengerjaan proyek pembangunan. Ia mencontohkan PLN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah dua lembaga yang sering‎ menggunakan komponen lokal.

"Saya harapkan bahwa industri mobil atau motor dalam negeri tetap berkembang dengan pasar yang ada. Menjaga ekonomi pasar dalam negeri. Saling dukung kerjasama sehingga bisa memberikan kita semua industri dan pasar bisa berjalan," tandas JK.

(Silvanus Alvin/gst)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya