Piala Presiden: 'Sentuh' Wasit, Siap-siap Kehilangan Rp100 Juta

Piala Presiden 2015 menjadi 'oase' di tengah terhentinya kompetisi Tanah Air.

oleh Antonius Hermanto diperbarui 24 Agu 2015, 13:37 WIB
Pesepakbola Persipasi Bandung Raya (PBR) dan Villa 2000 melakukan laga uji coba di Stadion Lebak Bulus Jakarta, Sabtu (22/8/2015). Uji tanding ini merupakan persiapan PBR menghadapi turnamen Piala Presiden 2015. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tugas berat menanti Mahaka Sports and Entertainment sebagai penyelenggara Piala Presiden 2015. Untuk menjaga kualitas turnamen, pihak penyelenggara telah menyiapkan sanksi tegas bagi pemain maupun klub yang melakukan pemukulan atau tindak kekerasan lainnya.

CEO Mahaka Spots and Entertainment, Hasani Abdgulgani mengatakan bahwa sanksi tak hanya berupa larangan bertanding. Apalagi bagi mereka yang kedapatan memukul atau menghina pengadil lapangan.

"Jika ada aksi pemukulan wasit dan sebagainya oleh pemain dari klub yang bersangkutan, maka kami akan kenakan denda Rp 100 juta. Tapi jika antarpemain ada yang ribut, maka per klub akan kami kenakan denda Rp 50 juta," ujar Hasani saat dihubungi Liputan6.com.

Hasani juga menegaskan, pihaknya tidak akan ragu untuk mendepak pemain dari Piala Presiden 2015. Meski demikian, Mahaka juga masih menyediakan upaya banding bagi pemain-pemain yang merasa tidak puas.

"Misalnya ada pemain yang melakukan pemukulan pada wasit, kita akan sanksi pemain itu tidak boleh bertanding di sisa laga klubnya," sambung Hasani.

Piala Presiden menjadi 'oase' di tengah matinya kompetisi di Tanah Air. Hadiah melimpah membuat klub-klub elite Indonesia rela berpartisipasi di dalamnya.

Selain hadiah bagi sang juara yang mencapai Rp3 Miliar, masing-masing peserta yang tampil juga otomatis mendapat uang. Menurut Hasani, di penyisihan grup, masing-masing tim akan menerima total Rp600 juta.

"Tapi Rp100 juta-nya akan kita depositkan, agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita bisa langsung pangkas dari situ," kata Hasani.

Piala Presiden akan digelar mulai 30 Agustus mendatang. Turnamen ini dibagi ke dalam 4 grup, di mana partai pembuka akan digelar di Bali.

Berikut Pembagian Grup Piala Presiden 2015
Grup A (Bandung)
Persib Bandung, Persebaya, Martapura FC, Persiba Balikpapan

Grup B (Malang)
Arema, Persela Lamongan, PSGC, Sriwijaya FC

Grup C (Bali)
Bali United, Persija Jakarta, Persita Tangerang, Mitra Kukar

Grup D (Makassar)
Gresik United, PBR, PSM, Pusamania Borneo FC

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya