7 Penemuan Hebat yang Ditemukan Oleh Perempuan

Dalam sejarah perkembangan dunia perjuangan para perempuan untuk bisa sejajar dengan pria sangatlah panjang.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Sep 2015, 11:04 WIB
Dalam sejarah perkembangan dunia perjuangan para perempuan untuk bisa sejajar dengan pria sangatlah panjang.

Citizen6, Jakarta Di akhir abad ke 20, sekiranya terdapat 10 persen paten penemuan yang diberikan kepada kaum perempuan. Penemuan-penemuan yang di temukan oleh kaum perempuan sudah mulai diakui. Padahal dalam waktu yang lama temuan yang dihasilkan oleh kaum perempuan tidak pernah diakui oleh orang lain.

Contohnya Sybilla Masters yang hidup di abad 18 saat Amerika terkenal dengan jaman "wild-wlid west". Ia berinovasi dalam proses pembuatan tepung jagung. Hasil temuannya telah didaftarkan untuk mendapat paten saat pulang ke inggris di tahun 1715. Irosisnya karena masa tersebut tidak mengakui hak kekayaan intelektual bagi kaum perempuan, maka suaminya Thomas yang berhak mendapatkan paten atas temuannya.

Barulah diatahun 1809 Mary Dixos menjadi wanita pertama Amerika yang berhak mendapat paten atas namanya sendiri. Ia berhasil mengembangkan mesun tenun jerami pembuat kopi. Sejak saat itu, kaum perempuan mulai bisa diterima diantara hegemoni kaum pria.

Berikut adalah tujuh penemuan hebat yang ditemuan oleh perempuan :

1. Dishwasher oleh Josephine Cochrane

Pada tahun 1883 Josephine Cochrane ditinggal mati suaminya berikut warisan hutang yang besar. Dalam keputus-asaan otaknya bekerja keras membuat mesin pencuci piring (dishwasher). Akhirnya di tahun 1886 mesin itu pun selesai dan mendapat paten.

Awalnya ia kesulitan menjual mesin tersebut karena dishwasher buatannya membutuhkan air panas agar bisa berfungsi, sementara pada masa tersebut tak banyak rumah tangga yang memiliki mesin pemanas air. Akhirnya Cochrane berfokus pada hotel dan restoran besar. Alasan Cochrane agar mesin nya laku, dengan dishwasher maka pengusaha hotel dan restoran tidak perlu menggaji banyak karyawan hanya untuk pekerjaan cuci piring.

Selengkapnya

Pengirim:

Iing Solihin

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi peristiwa yang sedang tren, kuliner, kecantikan dan uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya