Pasar Bong, Pusat Oleh-Oleh Haji di Surabaya

Pusat grosir aneka perlengkapan dan oleh-oleh haji atau umrah di Jalan Slompretan, Gang Pasar Bong ini penuh pembeli.

oleh Liputan6 diperbarui 29 Sep 2015, 12:17 WIB
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Surabaya - Pasar Bong di kawasan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur menjadi salah satu tempat penjualan beragam oleh-oleh haji yang kerap diburu di musim haji seperti sekarang ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (29/9/2015), pusat grosir aneka perlengkapan dan oleh-oleh haji atau umrah di Jalan Slompretan, Gang Pasar Bong ini penuh pembeli.

Beragam motif dan corak warna sajadah tersedia. Mulai harga Rp 250 ribu hingga Rp 3,5 juta per kodi sajadah tersedia di sini. Ada pula mukena, hijab, kopiah, baju khas Timur Tengah untuk pria dan wanita, hingga makanan kecil khas Timur Tengah seperti kacang arab, kismis, dan cokelat. Semua dapat diperoleh di sini. Harganya pun bervariasi dan relatif terjangkau.

Salah satu pemilik kios di pusat grosir ini membenarkan penjualan di musim haji meningkat hingga 30%. "Itu semua kan sudah ada di Surabaya, maksudnya kan sudah disiapkan oleh-oleh daripada bawa dari sana (Mekah) kan berat terus transportasinya kan agak susah," ucap salah satu pedagang pemilik kios.

Sebagian besar pembeli perlengkapan dan oleh-oleh haji biasanya dari keluarga jemaah haji di Tanah Air. Membawa cinderamata dan oleh-oleh khas Timur Tengah tak ubahnya tradisi di musim haji karena para jemaah haji dibatasi untuk membawa barang bawaan oleh maskapai penerbangan. (Vra/Ado)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya