3 Kapal Pencuri Ikan Asal Filipina Ditangkap TNI AL

Sebanyak tiga kapal asal Filipina yang ketahuan melakukan pencurian ikan berhasil ditangkap pada Minggu, 8 November 2015 kemarin.

oleh Septian Deny diperbarui 10 Nov 2015, 19:45 WIB
Kapal pencuri ikan asal Filipinan yang ditangkap (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - TNI Angkatan Laut bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali melakukan penangkapan terhadap kapal asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, sebanyak tiga kapal asal Filipna yang ketahuan melakukan pencurian ikan berhasil ditangkap pada Minggu, 8 November 2015.

Dia menjelaskan, ketiga kapal tersebut antara lain, KIA Trinity S-850 berkapasitas 109 Gross Ton (GT), F/B LBS 40 dengan kapasitas 18 GT dan F/B. CA. Jhun Jhun.

"Mereka ditangkap oleh KRI Hiu ata BKO GKTI milik Angkatan Laut kita. Mereka masuk ke batas laut kita hari minggu lalu," ujarnya di Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Susi menegaskan, penangkapan terhadap tiga kapal asing ini membuktikan bahwa petugas pengawas Indonesia tetap serius dalam melakukan pengasawan di wilayah perairan Indonesia. Buktinya, meski pada hari libur, namun TNI Angkatan Laut Indonesia tetap melakukan patroli.

"Mereka (kapal ikan Filipina) pikir ah hari Minggu nggak ada yang jaga. Ternyata ada kapal kita yang tetap patroli. Jadi langsung kita tangkap. Akan segera kita adili untuk kita tenggelamkan," tandasnya.  (Dny/Ndw)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya