Kampanye Mata Uang Euro Digencarkan

Promosi pemberlakuan mata uang tunggal atau Euro di Eurozone, 12 negara anggota Uni Eropa, mulai digencarkan. Kampanye atau promosi telah dilakukan terhadap 300 juta warga.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Nov 2001, 22:03 WIB
Liputan6.com, Paris: Para anggota Uni Eropa, terhitung sejak pekan ini melakukan hitung mundur peluncuran mata uang tunggal, yaitu Euro. Tepatnya, Senin (12/11), ke-12 negara Uni Eropa yang masuk dalam wilayah Eurozone, memulai hitung mundur 50 hari menjelang 1 Januari 2002. Nantinya, pada hari pertama 2002, lembaran serta uang logam Euro secara resmi diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah. Lantas, secara bertahap, semua mata uang di setiap negara Eurozone akan ditarik dari peredaran.

Untuk memperkenalkan mata uang Euro, baru-baru ini, serangkaian kampanye besar-besaran mulai digelar di Kota Paris, Prancis. Kampanye tersebut dipromosikan di sejumlah tempat publik dan media massa. Seiring kampanye tersebut, Bank Sentral Eropa (ECB) menjalin kerja sama dengan bank-bank sentral lainnya di setiap negara Eurozone. Tak tanggung-tanggung, mereka telah melancarkan kampanye untuk memperkenalkan mata uang tunggal ini kepada sekitar 300 juta warga.

Tak hanya itu, di berbagai perusahaan di sejumlah negara Uni Eropa berlangsung sesi pelatihan bagi karyawan. Setiap karyawan diberikan satu perangkat yang disebut Euro Kit, terdiri atas permainan kartu dan uang Euro mainan beserta buku kecil petunjuk pemakaiannya.

Sementara edisi perdana mata uang Euro itu akan terdiri atas 14,5 miliar lembaran uang kertas serta 50 miliar keping uang logam. Sedangkan uang logam Euro akan memiliki satu sisi yang seragam bagi setiap negara Eurozone. Dan sisi lainnya berbeda-beda, tergantung negara yang memproduksinya.(ANS/Nlg)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya