Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Beli Mobil

Kenyamanan, kebebasan, dan kemudahan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin memiliki mobil.

oleh Vina A Muliana diperbarui 20 Nov 2015, 07:01 WIB
Enggak harus menunggu sampai gajimu besar, kamu juga bisa beli mobil dengan menabung dan berhemat.

Liputan6.com, Jakarta- Hal yang biasanya terpikirkan ketika mendengar kata mobil adalah nyaman, bebas, dan mudah dalam bertransportasi. Kenyamanan, kebebasan, dan kemudahan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin memiliki kendaraan roda empat ini.

Namun sayangnya, harga mobil terlampau tinggi dan sulit untuk dijangkau jika kita harus membelinya secara tunai. Maka itu, kredit mobil menjadi solusi yang paling utama bagi Anda yang ingin punya mobil tetapi tidak mempunyai uang siap pakai sebesar harga mobil.

Meski demikian, Anda tetap harus berhati-hati sebelum kredit mobil, karena jika Anda lalai sedikit, Anda bisa terlilit utang di masa depan.

Apa saja hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin kredit mobil? Seperti yang dilansir dari laman moneycrashers.com, Kamis (19/11/2015):

Cari Tipe Mobil yang Sesuai 

Sepinya peminat ,mobil bekas di Palu sudah berlangsung sejak awal Januari 2014 silam.

Sebelum membeli mobil, tentu Anda harus menentukan yang mana yang akan dibeli. Jenis mobil sangat banyak, dapat dilihat dari merek, ukuran, warna, dan gunanya. Hal yang harus kita tentukan terlebih dahulu adalah apa tujuan membeli mobil.

Jika Anda merasa akan membutuhkan mobil untuk membawa barang-barang yang super banyak, pilihlah mobil berukuran besar.

Sementara jika kita butuh mobil hanya untuk memudahkan aktivitas pergi ke kantor, mungkin akan lebih baik memilih mobil berukuran kecil karena lebih mudah dikendarai. Kembali lagi, pikirkan seperti apa tipe mobil yang dibutuhkan, bukan diinginkan.

Perhatikan Harga Beli Mobil dan Harga Jualnya Nanti

Beberapa mobil harganya akan langsung turun 10%-15% setelah keluar dari showroom. Namun ada juga mobil yang malah harga bekasnya bisa lebih tinggi dari harga belinya.

Jika Anda tidak mau merugi di kemudian hari, perhatikan hal ini dengan seksama. Coba lihat dari mereknya, mesinnya, serta spesifikasi lainnya untuk dijadikan pedoman dalam menilai harga jual mobil Anda nanti.


Cari perbandingan

Cari Perbandingan Beberapa Dealer dan Perusahaan Leasing

Setelah yakin dengan mobil pilihan Anda, sekarang saatnya untuk pergi ke beberapa dealer dan membandingkan harga serta program kredit yang berlaku di sana. Meski mereknya sama, terkadang ada bedanya.

Perbedaannya bisa dalam bentuk suku bunga atau promosi-promosi lain yang ditawarkannya. Oleh karena itu, jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan tanpa ada pertimbangan dan perbandingan terlebih dahulu.

Lihat Harga Total yang Harus Anda Bayarkan

Beberapa keuntungan mungkin saja Anda dapatkan jika membeli mobil secara online (Foto: http://ihmoneysmarts.org/)

Selain melihat berapa harga mobil, perhatikan juga berapa besar bunga yang harus Anda bayarkan nantinya.

Biasanya, pihak bank atau leasing akan mengambil bunga 20% dari harga jualnya. Dengan melihat jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Kita dapat menghitung berapa pengeluaran yang diperlukanNamun, jangan tertipu, semakin kecil cicilan yang Anda bayarkan maka akan semakin lama Anda akan membayar. Hal ini akan lebih beresiko bagi kehidupan keuangan Anda nantinya.

Tentukan Masa Cicilan

Semakin lama Anda harus mencicil, maka biaya yang harus dibayar juga akan semakin rendah. Memang terlihat lebih meringankan beban keuangan Anda setiap bulannya, namun pikirkanlah apa yang kira-kira terjadi jangka panjangnya.

Misal 4 tahun lagi anak Anda harus masuk sekolah, jadi akan membutuhkan uang yang lebih banyak dari biasanya. Maka akan lebih baik jika Anda menyelesaikan cicilan Anda sebelum waktu tertentu agar tidak terbebani uang cicilan di saat itu.

Selain itu, perhatikan suku bunganya, apakah tetap atau tidak tetap. Jika suku bunga tidak tetap, kemungkinan nantinya Anda akan membayar cicilan lebih tinggi dari sekarang sehingga harga mobil menjadi semakin mahal. (Vna/Ndw)

 

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya