Aneka Kontroversi Setya Novanto

Infografis tindak-tanduk Setya sebagai politikus dan pengusaha.

oleh Dini Nurilah diperbarui 20 Nov 2015, 16:29 WIB
Ketua DPR Setya Novanto keluar dari gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/11/2015). Setya belum memiliki rencana untuk meminta PT Freeport Indonesia mengklarifikasi anggota DPR yang mencatut nama Presiden dan Wakil Presiden RI. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta Setya Novanto mencapai titik puncak karier sebagai politikus pada 2014. Ketika itu, Setya yang berasal dari Fraksi Partai Golongan Karya Dewan Perwakilan Rakyat dilantik sebagai Ketua DPR.

Setahun memimpin parlemen, Setya dirundung banyak kontroversi. Salah satunya adalah kehadirannya saat kampanye calon Presiden Amerika Serika Donald Trump di Amerika Serikat. Kehadiran itu memicu munculnya petisi untuk mencopot Setya dari kursi pemimpin DPR.

Sebagai pengusaha, Setya menjalankan berbagai usaha untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Dia tercatat pernah bergerak di bidang perbankan, beras, KTP elektronik, hingga proyek penyelenggaraan PON. Seringnya dalam berbagai usaha itu, Setya terseret ke dalam pusaran kasus. Terakhir, dia dilaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said lantaran mencatut nama Presiden Joko Widodo. Setya dituduh memintakan jatah saham untuk Jokowi kepada Direktur Utama PT Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin.

Sepak-terjang Setya sebagai politikus dan pengusaha dapat disimak di infografis Liputan6.com di bawah.

Infografis lobi-lobi Setya Novanto

Infografis berbagai kasus yang menyertai Setya Novanto

Berapa banyak harta Setya Novanto?

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya