Teknokrat Muda Potensial, Masyarakat Ingin Erick Thohir Jadi Cawapres

Baik kalangan akar rumput hingga elite nasional kepincut dengan kepiawaian Erick Thohir mengeksekusi kebijakan serta program pemerintah di lapangan.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Jan 2023, 17:52 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022 bertajuk "Berkarya untuk Indonesia" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022). (Dok BUMN)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Yuari Prayanto atau Mazdjo Pray menyatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai teknokrat muda yang sangat potensial untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang mendukung orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baik kalangan akar rumput hingga elite nasional kepincut dengan kepiawaian Erick Thohir mengeksekusi kebijakan serta program pemerintah di lapangan. Berbagai kebijakan yang dieksekusi eks Presiden Inter Milan tersebut dinilai membawa banyak manfaat positif bagi masyarakat.

“Erick Thohir sukses sebagai menteri dan teknokrat muda. Erick Thohir adalah administrator dan eksekutor dengan kemampuan yang mumpuni untuk mengurus BUMN mencapai prestasi yang positif,” ujar Mazdjo Pray dalam keterangan tertulis, Minggu (1/1/2023).

Melalui kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN, dia menyebut, sudah banyak masyarakat yang terbantu. Begitu pula dengan perekonomian negara.

Seperti halnya ketika bangsa Indonesia tengah dilanda kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Erick Thohir dinilai cermat dalam mengeksekusi kebijakan dan program untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Erick Thohir bergerak cepat mencari jutaan vaksin dari berbagai negara untuk menyelamatkan masyarakat dari virus Covid-19. Dia juga menggalakkan program KUR dan Makmur untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

Hingga kini program tersebut terus berjalan untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat seperti UMKM.


Sukses Tingkatkan Laba BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menerima penghargaan sebagai menteri pilihan tahun ini atau Minister of the Year. (Dok KBUMN)

Sedangangkan dalam lingkup yang lebih luas, Erick Thohir berhasil mendorong Kementerian BUMN agar lebih untung untuk menopang perekonomian negara.

Terbukti, Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir sukses meningkatkan kontribusi kepada negara sebesar Rp68 triliun dalam tiga tahun terakhir. Kementerian BUMN juga mencatatkan kenaikan laba dari Rp13 triliun menjadi Rp124,7 triliun pada 2021.

Bahkan di kuartal III 2022, laba Kementerian BUMN telah tercatat sebesar Rp155 triliun. Peningkatan laba ini tentunya menguntungkan bagi perekonomian negara untuk menjalankan berbagai kegiatan pemerintah seperti program-program penunjang kesejahteraan masyarakat.

Mazdjo Pray pun menilai komitmen Erick Thohir untuk masyarakat Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan menteri andalan Presiden Jokowi ini dipercaya sebagai sosok pemimpin yang bisa membawa Indonesia jadi lebih maju ke depannya.

“Komitmen Erick Thohir terhadap masyarakat dan bangsa tidak diragukan lagi. Erick Thohir mayoritas warga net percaya adalah pemimpin yang bisa membawa kemajuan dan juga dipercaya bisa memperbaiki perekonomian Indonesia ke depan,” pungkas Mazdjo Pray.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya