Ini 5 Makanan yang Dijadikan Penanda Awal Tahun

Tiap negara memiliki tradisi menyiapkan kuliner khas di tiap awal tahun baru. Apa sajakah itu?

oleh Firman Fernando Silaban diperbarui 03 Jan 2016, 11:00 WIB
Makanan keberuntungan menyambut tahun baru 2016 (Sumber. borderstan.com)

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya pesta kembang api, menari, pawai, doa, dan kumpul bersama orang terkasih yang mewarnai pergantian tahun ini, tetapi juga ada berbagai jenis hidangan makanan. Di beberapa negara, beberapa hidangan makanan identik sebagai penanda untuk menyambut tahun baru.

Seperti dilansir yahoo, Jumat (1/1/2016), berikut beberapa makanan yang dijadikan simbol masuk ke tahun baru di berbagai negara.

1. Anggur

Anggur

Spanyol memiliki sebuah tradisi memakan anggur pada tengah malam menjelang pergantian tahun. Tradisi yang sudah ada sejak tahun 1909 ini muncul ketika pada masa itu terjadi panen anggur yang cukup besar. Tradisi ini pn menyebar sampai ke negara lain, seperti Portugal, Venezuela, Kuba, Meksiko, Ekuador, dan Peru.

2. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Masyarakat Italia percaya bahwa makan kacang-kacangan saat malam pergantian tahun bisa mendatangkan keberuntungan dan kesehatan. Hidangan untuk menemani makanan ini bisa berupa sosis saus pedas.

3. Soba

Foto dok. Liputan6.com

Pada dasarnya, soba merupakan mie yang berbahan dasar gandum dan merupakan makanan penyambut tahun baru masyarakat di Jepang. Nama lain mie soba adalah toshikoshi yang memiliki arti sebagai lompatan dari tahun lama menuju tahun yang baru.

4. Tteokguk

Tteokguk (sumber. Yahoo.com)

Makanan ini berupa sup beras yang lazim di makan di Korea pada malam pergantian tahun menurut kalender Lunar yang disebut Seollal. Namun, kini makanan ini juga disantap ketika pergantian tahun baru menurut kalender masehi dan dijadikan salah satu makanan khas nya.

5. Kue

Sajian Kue

Hampir seluruh negara di belahan dunia menyediakan kue sebagai hidangan malam menyambut pergantian tahun. Tradisi makan kue ini memiliki beragam nama di beberapa negara, seperti Ada vasilopita di Yunani, galette des rois di Perancis, banitsa di Bulgaria, dan Rosca de Reyes di Meksiko.

 

** Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini 
** Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya