Top 3 Global: Kisah Napi Lolos dari Alcatraz Sedot Perhatian

Walaupun termasuk yang paling ketat penjagaannya, nyatanya puluhan orang telah kabur dari Alcatraz. Bagaimana kisah mereka?

oleh Rio Christa Yatim diperbarui 21 Jan 2016, 19:15 WIB
Top 3 Global, edisi Kamis (21/01/2016)

Liputan6.com, Jakarta - Alcatraz yang terletak di tengah Teluk San Francisco, California punya reputasi mengerikan. Angker.

Sebelum akhirnya ditutup untuk selamanya pada 21 Maret 1963 oleh Jaksa Agung Amerika Serikat Robert F Kennedy, pulau penjara itu pernah jadi benteng pertahanan militer dan lapas super-ketat yang dihuni para napi kelas kakap.

Selama beroperasi sejak 1934 hingga 1963, sejumlah narapidana kelas kakap yang pernah ditahan di sana antara lain Al Capone dan ‘Machine Gun’ Kelly, penjahat yang terkenal tega menghabisi lawan dengan senapan mesin.

Ada juga Robert Stroud, seorang narapidana yang terkesan punya sikap lembut dan lebih dikenal dengan julukan ‘Birdman of Alcatraz’.

Pemberitaan tentang para napi yang lolos dari penjara Alcatraz ramai diburu oleh pembaca kanal Global, Liputan6.com, edisi Kamis (21/01/2016).

Selain itu, berita yang tidak kalah menariknya menjadi sorotan pembaca adalah penjual gudeg Jogja bernama Mbah Lindu yang masih berjualan dalam usianya yang ke-97 tahun dan pesawat yang bolong akibat tertabrak burung.

Top 3 Global selengkapnya:

1. Kisah Narapidana yang Kabur dari Penjara 'Angker' Alcatraz

Sewaktu masih menjadi tahanan militer, tahanan masih lebih mudah kabur dari Alcatraz. (Sumber ahctv.com)

Walaupun termasuk yang paling ketat penjagaannya, nyatanya ada puluhan orang yang kabur dari Alcatraz.

Berdasarkan catatan yang simpang siur, setidaknya ada 90 orang yang lari, 62 di antaranya tidak pernah tertangkap lagi.

Hal tersebut terjadi terutama ketika Alcatraz masih menjadi tempat tahanan militer pada 1907 hingga 1933. Tahanan militer bukanlah pelaku kejahatan yang paling bengis. Lebih banyak ditahan karena indisipliner, semisal tidak memberi hormat.

 

Selengkapnya...

 

2. Jual Gudeg 'Sejak Jepang Belum Datang', Mbah Lindu Jadi Sorotan

Foto: Wikipedia

Hampir semua orang di Indonesia pasti kenal dengan hidangan yang bernama gudeg. Masakan khas Yogyakarta ini terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam bersamaan dengan gula aren dan santan.

Seorang wanita tua, bernama Mbah Lindu kini tengah ramai menjadi buah bibir di media sosial. Berjualan di sebuah pos ronda di Jalan Sosrowijayan kota Yogja, ia diduga sebagai penjaja tertua hidangan itu karena usianya kini telah mencapai 97 tahun.

Bernama asli Setyo Utama atau yang lebih akrab dipanggil Mbah Lindu, wanita yang berusia hampir satu abad ini sudah menggelar dagangannya di pos sejak pukul 5.00 hingga pukul 10.00 WIB.

 

Selengkapnya...

 

3. Aneh, Burung Kecil Mengoyak 'Burung Besi' Hingga Bolong

Pesawat jet komersial pertama, ternyata jendela-jendelanya berbentuk persegi sehingga membahayakan. (Sumber Daily Mail)

Pesawat maskapai Air Namibia penerbangan A319-100 tampak bolong, foto diunggah oleh seorang penumpang. Di samping lubang badan pesawat, terlihat juga noda darah dan bulu-bulu hitam.

Syukurlah, pesawat yang membawa 112 penumpang tersebut mendarat dengan selamat.

 

Selengkapnya...

 

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya