Sambut Putri Raja, Pemerintah Kamboja Bangun Toilet Rp 540,5 juta

Toilet tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti peralatan canggih serta ruangan nyaman dilengkapi dengan penyejuk ruangan

oleh Vina A Muliana diperbarui 24 Feb 2016, 20:10 WIB
Toilet tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti peralatan canggih serta ruangan nyaman dilengkapi dengan penyejuk ruangan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah toilet seharga US$ 40.000 atau setara dengan Rp 540,5 juta dibangun pemerintah Kamboja. Toilet ini rencananya digunakan sebagai sarana pribadi dari putri Maha ChakriSirindhorn asal Thailand ketika berkunjung ke Kamboja.

Toilet tersebut dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti peralatan canggih serta ruangan nyaman dilengkapi dengan penyejuk ruangan. Desain toilet menggunakan lantai tegel berwarna putih, pegangan berwarna perak.

Kontraktor bangunan asal Thailand SCG Cement-Building Materials ditugaskan untuk membangun toilet megah ini. Toilet ini pun dibangun dengan bahan khusus yang dikirim dari Thailand.

Laporan-laporan menyebutkan pembangunan toilet berukuran delapan meter persegi memerlukan waktu 19 hari untuk sang putri yang hanya akan berada di Provinsi Ratanakiri selama satu hari.

Foto dok. Liputan6.com

Namun sayang, melansir theguardian.com, Rabu (24/2/2016), toilet megah yang dibangun khusus untuk kunjungan putri kerajaan Thailand ternyata tidak sempat digunakan.

Putri Maha Chakri Sirindhorn dilaporkan hanya mengambil foto toilet, namun tidak menggunakannya dalam kunjungan selama dua jam ke Danau Yeak Laom, yang terletak di Ratanakiri, salah satu provinsi yang terbelakang di Kamboja.

Pihak berwenag mengatakan toilet 'kerajaan' kini sudah diambil dan gedungnya akan digunakan sebagai pos keamanan bagi para wisatawan yang datang ke Danau Yeak Laom.

Harga pembuatan toilet ini ditaksir setara dengan enam puluh enam kali pendapatan warga Kamboja. (Vna/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya