Potret Kota Semarang yang Makin Terang dengan Lampu Hemat Energi

Kota Terang Philips LED (KTPL) memang sudah berlangsung di Semarang sejak tahun 2013 dengan menerangi Tugu Pahlawan dan Tugu muda.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 01 Apr 2016, 11:30 WIB
Tugu Pahlawan Semarang/KTPL 2013

Citizen6, Semarang - Untuk menjadikan Kota Semarang sebagai Kota Pintar atau Smart City, Philips Lighting Indonesia bekerja sama dengan pemerintah kota Semarang telah menyinari ikon dan berbagai jalan di Semarang dengan menggunakan lampu hemat energi.

Kota Terang Philips LED (KTPL) memang sudah berlangsung di Semarang sejak tahun 2013 dengan menerangi Tugu Pahlawan dan Tugu muda di tahun 2013. Kini, Semarang kembali menjadi sasaran KTPL untuk membantu pemkot Semarang dalam menghemat penggunaan energi dan biaya listrik.

Tugu Muda Semarang/KTPL 2013
 

Kali ini, tak hanya Balai Kota Semarang yang ditargetkan KTPL dalam penyinaran kota, namun ada tujuh jalan utama di Semarang yang diharapkan dapat menjadikan kota ini menjadi semakin cerdas. Dalam menerangi Balai Kota Semarang, ada 67 titik lampu yang dapat menciptakan ilusi megah dan memberikan efek pencahayaan warna-warni dramatis yang akan memberikan aksen kepada eksteriornya.

Sejak tahun 2012, KTPL telah menyinari delapan belas ikon di delapan kota di seluruh Tanah Air, di antaranya Jakarta, Surabaya, Palembang, Bali, Yogyakarta, Bandung, Medan, dan Makassar.

Balai Kota Semarang/KTPL 2016
 

Teknologi LED terkoneksi yang digunakan ini mampu mengurangi konsumsi listrik secara signifikan, tanpa mengurangi kualitas atau terangnya pencahayaan. Sistem pencahayaan ini juga dapat dikontrol melalui jarak jauh sehingga memberikan fleksibilitas bagi pemerintah kota dalam mengatur pencahayaan.

(ul)

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya