Setelah 17 Tahun, Terowongan Terpanjang di Dunia Ini Diresmikan

Swiss telah resmi membuka terowongan Gotthard, terowongan kereta terpanjang dan terdalam di dunia

oleh Arny Christika Putri diperbarui 02 Jun 2016, 11:47 WIB
20160601-Setelah 17 Tahun, Terowongan Terpanjang di Dunia Ini Diresmikan-Swiss
Swiss telah resmi membuka terowongan Gotthard, terowongan kereta terpanjang dan terdalam di dunia
Gambar yang diambil dari video menunjukkan kereta memasuki ujung utara terowongan di Erstfield dan sisi selatan terowongan di Bodio, pada peresmian Gotthard Base Tunnel (GBT), terowongan sepanjang 57 kilometer di Swiss, Rabu (1/6). (REUTERS/SRG/Pool)
Pemandangan gerbang sisi utara Gotthard Base Tunnel (GBT) di Swiss, Rabu (1/6). Pembangunan terowongan kereta api terpanjang di dunia itu memakan waktu 17 tahun dan menelan biaya sekitar USD 12 miliar atau Rp 164,44 triliun. (REUTERS/Arnd Wiegmann)
Pengunjung melambaikan tangan ke arah kereta api yang melintasi terowongan Gotthard di kota Erstfeld, Swiss, Rabu (1/6). Swiss resmi membuka terowongan kereta api terpanjang, yang membentang sepanjang 57 km di bawah Pegunungan Alpen. (REUTERS/SRG/Pool)
Kanselir Jerman Angela Merkel (tengah) berbincang dengan Kanselir Austria Christian Kern dan PM Italia, Matteo Renzi pada peresmian terowongan kereta api terpanjang di dunia, Gotthard Base Tunnel (GBT), di Swiss, Rabu (1/6). (REUTERS/Peter Klauzner/Pool)
Presiden Swiss Johann Schneider-Ammann menyampaikan sambutan pada peresmian terowongan terpanjang di dunia, Gotthard Base Tunnel (GBT), di Swiss, Rabu (1/6). Terowongan itu membentang sepanjang 57 km di bawah Pegunungan Alpen. (REUTERS/Arnd Wiegmann)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya