Di Pasar Benhil, Kementan Jual Bawang Merah Rp 25 Ribu per Kg

Kementerian Pertanian menjual kebutuhan pokok dengan harga miring karena mengambil langsung dari petani dan peternak.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 05 Jun 2016, 13:14 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah di Pasar bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016). (Foto: Achmad Dwi Afriyadi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah dengan tema 'Gelar Pangan Murah Berkualitas, Toko Tani Indonesia' di Pasar Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat (5/6/2016). Dalam pasar murah ini, Kementerian Pertanian menjual beberapa kebutuhan pokok dengan harga jauh di bawah standar untuk meringankan beban masyarakat. 

Pantauan ‎Liputan6.com, pukul 12.00 WIB, dalam pasar murah ini Kementerian Pertanian menjual bawang merah di harga Rp 25 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut lebih murah hampir setengah dari harga pasaran. Saat ini harga bawang merah di pasar tradisional berkisar Rp 40 ribu per kg. 

Sedangkan beras premium ukuran 5 kg dijual dengan harga Rp 39.500‎ atau Rp 7.900 per kg. Harga beras kualitas premium ini juga cukup murah karena di pasaran sekitar Rp 12.000 per kg.  Tak hanya itu, harga ayam potong dijual Rp 25 ribu per kg dari yang biasanya di kisaran RP 35.650 per kg.

Kementerian Pertanian mampu menjual kebutuhan pokok dengan harga miring karena mengambil langsung dari petani dan peternak. Kementerian mencoba untuk memotong rantai distribusi agar harga kebutuhan pokok bisa turun sehingga meringankan beban masyarakat. 

Dengan harga yang cukup rendah tersebut, masyarakat pun yang melepas kesempatan tersebut. Beberapa warga terlihat mendatangi pasar murah yang digelar oleh Kementerian Pertanian tersebut. Mereka tertarik dengan harga yang ditawarkan.

Salah satu pembeli Indriyatun (23) mengaku senang dengan acara seperti ini. Dia mengaku, tak sengaja melintas dan akhirnya membeli bawang merah. "Senang aja, memang sekarang pada mahal. Kebetulan lewat," kaya dia kepada Liputan6.com.

Dia menuturkan, sekarang ini membeli harga bawang dengan harga Rp 10 ribu per seperempat kg. "Biasanya kalau beli seperempat Rp 10 ribu, ya hampir Rp 40 ribu per kg," ujar dia.

Senada, konsumen lain Tarmen juga senang dengan gelaran pasar murah seperti ini. Wanita berusia 60 tahun ini biasanya mesti mengeluarkan Rp 35 ribu untuk membeli bawang per kg. "Ya senang. Tapi kayak bukan bawang Brebes. Kalau Brebes sampai Rp 40 ribu. Tapi ini Indonesia juga. Kalau beli biasa Rp 35 ribu per kg," tukas dia.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya