Buka Puasa di Jerman, Saat Air Bening Serasa Es Dawet

Mulai dari udara panas, puasa 18 jam hingga buka dan perempuan cantik menjadi tantangan warga Indonesia di Jerman yang beribadah puasa.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Jun 2016, 19:47 WIB
Mulai dari udara panas, puasa 18 jam hingga buka dan perempuan cantik menjadi tantangan warga Indonesia di Jerman yang beribadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan yang jatuh pada musim panas di Jerman, membuat puasa seakan berat dijalani hingga buka puasa. Selama musim panas di Jerman, umat Muslim berpuasa 18 jam setiap harinya hingga buka puasa.

Tantangan menahan haus dan lapar juga dialami warga negara Indonesia yang tinggal di negeri yang dipimpin Kanselir Angela Merkel. Dua hal yang rata-rata yang mereka rasakan, rindu keluarga di tanah air dan makanan minuman khas resep buka puasa ala Indonesia.

Berikut sederet cerita netizen warga Indonesia yang tinggal di Jerman sebagaimana dilansir laman media Deutsche Welle, Jumat (16/6/2016).

Banyak hal ajaib yang dirasakan Andias Wira Alam saat berpuasa di Jerman. Pada musim panas dimana puasa bisa 18 jam panjangnya, air bening yang diminumnya saat buka serasa senikmat es dawet. Karyawan IT ini tinggal bersama istri dan dua putrinya di kota Bonn, Jerman.

Berbeda dengan Andias, Michi Widyastuti kangen sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Ia tak pernah lupa asyiknya ngabuburit di tanah air, sebelum akhirnya pindah ke Jerman. Meski karyawan toko organik ini pandai dan hobi memasak, tiap bulan puasa, ia tetap kangen makanan enak di Indonesia. Ia tinggal di Jerman bersama suaminya yang orang Jerman dan putri kembarnya.

Bila Andias dan Michi kangen resep buka puasa khas Indonesia, keadaan berbeda dialami Syamsir Alamsyah. Pemuda dari pulau Borneo yang juga gitaris band Melayu di Jerman ini mengatakan, “Susah puasa di Jerman. Karena jatuhnya pada musim panas, banyak perempuan cantik jalan-jalan atau menikmati matahari yang jarang muncul di Jerman, dengan busana seronok," katanya.

"Di kampung, saya sibuk bersama keluarga dan teman, tak sempat jalan-jalan keluar seperti di Jerman," lanjutnya.

Simak beragam suka duka warga Indonesia yang tinggal di Jerman di bulan puasa dengan meng-klik tautan ini.

Artikel Rekomendasi

3 Aksi Konyol Demi Sebuah iPhone : Bugil hingga Jual Ginjal

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya