PDIP Tegaskan Tak Ada Anies Baswedan dalam Bursa Cagub DKI

PDIP memiliki mekanisme sendiri untuk merekrut calon kepala daerah yang diusung dalam Pilgub DKI.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 04 Agu 2016, 11:41 WIB
Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Pendidikan Anies Baswedan disebut-sebut jadi salah satu nama yang digadang-gadang menjadi bakal calon kepala Ibu Kota. Namun, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Ahmad Basarah menegaskan Anies tidak masuk bursa calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Tidak ada nama Anies Baswedan sebagai calon kepala daerah yang diproses oleh DPP PDIP," ucap Basarah ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Menurut dia, PDIP memiliki mekanisme sendiri untuk merekrut calon kepala daerah yang diusung dalam Pilgub DKI.

"Pilkada DKI kita tengah memproses 27 orang pendaftar yang mengikuti tahapan proses seleksi. Dan di antara 27 orang itu tidak ada nama Anies Baswedan, karena memang tidak mendaftar," papar Basarah.

Lalu kapan PDIP akan umumkan calon yang diusungnya maju Pilkada DKI 2017? Anggota Komisi III DPR ini menyebut, sebelum batas waktu akhir pendaftaran KPU, PDIP pasti mengumumkan.

"Pokoknya sebelum penutupan pendaftaran kita akan umumkan, bisa juga last minute kita umumkan," kata Basarah.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Gembong Warsono menyebutkan sejumlah nama yang muncul di tengah masyarakat jelang penjaringan calon Gubernur DKI Jakarta.

"Semua masih dalam pantauan. Risma (Tri Rismaharini) muncul dari masyarakat, Anies Baswedan juga muncul dari masyarakat. Ada beberapa elemen yang menginginkan Anies untuk maju, itu menjadi pantauan. Buwas juga, termasuk Ahok," ujar Gembong.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya