Andai Bus Raksasa China Diterapkan di Indonesia, Apa Jadinya?

Apalagi, Indonesia dan China mempunyai masalah yang nyaris sama dalam hal transportasi. Sebagai negara yang padat penduduknya,

oleh Azwar Anas diperbarui 05 Agu 2016, 20:10 WIB
Antusias Warga terhadap Bus Raksasa di China Menggila

Liputan6.com, Jakarta China merilis transportasi mutakhir dengan nama Transit Elevated Bus di pameran internasional High-Tech Expo ke-19 di Beijing. Sejak prototipe-nya diunggah di media sosial berbagi video, prototipe itu telah disaksikan sejuta lebih pengguna internet di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, netizen berandai-andai Bus Raksasa itu nampaknya cocok diterapkan di Indonesia.

Apalagi, Indonesia dan China mempunyai masalah yang nyaris sama dalam hal transportasi. Sebagai negara yang padat penduduknya, kemacetan dan polusi udara menjadi pekerjaan rumah yang memusingkan pemerintah. Sebab penduduk Indonesia maupun China lebih suka menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Namun, Pengamat Transportasi Indonesia, Azas Tigor Nainggolan menilai, Bus Raksasa sangat tidak cocok untuk diterapkan di Indonesia. Alasannya menyangkut masalah tata kota yang ada di Indonesia.

"Saya sudah lihat prototipe itu sejak setahun yang lalu. Saya rasa tidak cocok karena di Indonesia sudah terlalu banyak jembatan," ujarnya kepada Liputan6.com.

Bus yang digadang-gadang mampu mengangkut 1200 penumpang itu mempunyai panjang sekitar 22 meter yang artinya bisa menggantikan 40 bus berukuran standar di Indonesia. Hal itu yang dipandang netizen mampu mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan.

Namun, Azas menilai masalah kemacetan di Indonesia tidak terletak pada infrastrukutur belaka, melainkan pada penegakan regulasi. "Tidak usah muluk-muluklah, saya kira kalau trasnportasi yang ada dimaksimalkan, itu sudah cukup menjadi solusi kemacetan, khususnya di Jakarta," ujarnya.

Pemerintah China dikabarkan akan segera merealisasi Busa Raksasa yang dapat mengangkangi jalan itu, membawa penumpang baik orang maupun mobil dari titik ke titik lainnya. Gampangnya, bus raksasa ini mirip seperti feri penyeberangan yang mampu menampung mobil dan truk yang akan menyeberang pulau, tapi untuk jalan darat.

Sekalipun terdengar agak gila, namun solusi ini telah benar-benar dipertimbangkan secara serius oleh pemerintah kota-kota besar di Tiongkok seperti Beijing.

Berikut video prototipe, lantas apa pendapatmu seandainya Bus Raksasa ini menggagahi jalanan Indonesia?

 (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya