VIDEO: Menteri Arcandra Tahar Tegaskan Masih Berstatus WNI

Menteri Sekretaris Negara menegaskan Arcandra Tahar adalah warga negara Indonesia.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Agu 2016, 08:04 WIB
Menteri Arcandra Tahar tegaskan WNI dan memiliki paspor Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, tiba-tiba saja ramai dibicarakan di media sosial. Bukan karena gebrakannya sebagai Menteri ESDM baru. Muncul kabar, Arcandra berkewarganegaraan ganda.

Seperti ditayangklan Liptuan 6 Pagi SCTV, Senin (15/8/2016), Arcandra disebut-sebut menjadi warga negara Amerika Serikat melalui proses naturalisasi sejak Maret 2012, dengan mengucapkan sumpah setia.

Arcandra disebut pula pernah empat kali melakukan perjalanan ke Indonesia menggunakan paspor Amerika Serikat.

Saat ditemui dalam acara HUT di Kementerian ESDM, Arcandra menegaskan masih berstatus sebagai warga negara Indonesia dan memiliki paspor Indonesia. Menteri ESDM ini juga membantah pernah memiliki paspor Amerika Serikat.

"Saya masih memegang paspor Indonesia ya, proses-proses yang di sana yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman itu sudah saya kembalikan. Nah, itu... coba lihat tampang saya kan, bahasa Indonesia-nya masih medok Padang," tegas Arcandra Tahar.

Usai upacara pembukaan Jambore Nasonal, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, juga menegaskan Arcandra Tahar adalah pemegang paspor Indonesia yang berlaku hingga 2017 dan saat masuk ke Indonesia menggunakan paspor tersebut.

"Lagi kita tegaskan bahwa beliau adalah pemegang paspor Indonesia, saya kira itu saja. Nanti ditanyakan ke otoritas yang bisa menjelaskan itu lah ya," kata Mensesneg Pratikno.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya