Gajah di Gembira Loka Joging Tiap Jumat Pagi

Gembira Loka memiliki tujuh ekor gajah, yang terdiri dua jantan dan lima betina.

oleh Yanuar H diperbarui 10 Sep 2016, 12:03 WIB
Gajah di Yogyakarta jalan-jalan (Liputan6.com/ Yanuar H)

Liputan6.com, Yogyakarta - Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta mengajak gajah yang dimilikinya joging setiap Jumat pagi. Joging ini dilakukan agar memenuhi kebutuhan gajah yang memiliki kebiasaan berjalan jauh di habibat aslinya.

"Dua tahun ini ya. Gajah punya kebutuhan jalan jauh. Kasihan kan mengubah pola. Kita kasih joging di pagi hari," ujar Kepala Bagian Humas Kebun Binatang Gembira Loka Khrisyanto Agung Wibowo di Yogyakarta, Jumat 9 September 2016.

Agung menuturkan, gajah membutuhkan jalan-jalan karena kebiasaannya di alam. Gajah bisa berjalan sehari sejauh 50 - 100 km. Sehingga, Gembira Loka pun mengajak gajah memutari kebun binatang setidaknya seminggu sekali.

"Keluar pintu belakang keliling satu area Gembira Loka. Jalan Veteran, Ki Penjawi, Kebon Raya Kusumanagara. masuk lewat pintu belakang. Biasanya hari Jumat ya jam 8-9 pagi," ujar dia.

Agung menjelaskan, Gembira Loka memiliki tujuh ekor gajah, yang terdiri dua jantan dan lima betina. Semua gajah koleksi dikeluarkan karena sifat gajah yang bergerombol atau berkoloni.

"Memang itu sudah kebiasaan dia jalan jalan. Tapi kan jadi unik ketika itu berinteraksi langsung dengan masyarakat. Masyarakat kan senang ada tontonan unik," kata dia.

Sementara itu, Lukman warga Yogyakarta mengaku senang melihat gajah yang joging setiap Jumat pagi. Ia biasa mengajak anaknya untuk melihat gajah berjalan melintasi pinggir kota.

"Memang sudah biasa kok. Gajah jalan biasa itu kebutuhan dia. Tapi menariknya, ketika gajah itu joging, secara nggak langsung berinteraksi dengan manusia atau lingkungan sosial sekitarnya," kata dia.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya