Mengintip Persiapan The Lions, Calon Lawan Timnas di Piala AFF

Timnas Indonesia akan bertemu Singapura di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2016.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Nov 2016, 14:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Tim Nasional (Timnas) Singapura masih mengalami rentetan hasil buruk dalam rangkaian persiapan laga uji coba sebelum turun di Piala AFF 2016 19 November-17 Desember 2016. The Lions ini bahkan tak pernah menang dalam enam laga beruntun.

Teranyar skuat asuhan V. Sundrammoorthy ini menyerah 0-2 dari Suriah di laga persahabatan di Stadion Tuanku Abdul Rahman. Sebelumnya, Singapura juga takluk dari Hongkong, Bahrain, Kamboja dan Vietnam. Satu-satunya hasil baik diraih ketika menahan imbang 0-0 Malaysia.

Meski terus mengalami rentetan hasil minor, pelatih Sundrammoorthy tetap menganggap permainan anak asuhnya berkembang. Pendapat ini disampaikannya usai pasukannya takluk 0-2 dari Suriah, Rabu (9/11/2016).

"Tim ini mulai terinspirasi dan saya dapat melihat bahwa mereka sedang maju bersama dalam satu kesatuan. Semangat tim ini juga tinggi dan tetap memiliki atmosfer positif meski mengalami beberapa kekalahan. Kami akan menatap Piala AFF dengan banyak energi," ungkap Sundrammoorthy seperti dikutip laman resmi FAS.

Jika dilihat komposisi Singapura, tampaknya Sundrammoorthy bakal didominasi pemain senior. Nama-nama seperti Baihakki Khaizan, Mustafic Fachruddin hingga Shahril Ishak masih bercokol hingga kini. Padahal ketiganya sudah berusia di atas 30 tahun.

Kendati demikian, Sundramoorthy yang menangani timnas Singapura pada Juni 2016 lalu, tetap menyelipkan beberapa pemain muda potensial. Nama-nama seperti Anumanthan Kumar, Muhammad Faris hingga Sahil Suhaimi juga dimasukkan ke dalam tim.

Dia berharap kombinasi pemain senior dan junior bisa meningkatkan performa Singapura setelah gagal total pada gelaran Piala AFF 2014. Masih segar diingatan ketika Singapura yang bertindak sebagai tuan rumah justru gagal lolos dari Grup B setelah hanya mampu finis di peringkat ketiga di bawah Malaysia dan Thailand. Hasil ini tentu tak ingin terulang kembali.

Selektif Pilih Lawan

Namun tekad ini tentu bukan pekerjaan mudah. Sebab 3 negara yang menjadi lawannya di Grup A Piala AFF 2016, Filipina, Thailand dan Indonesia sudah mempersiapkan diri dengan matang. Thailand Thailand yang dalam empat laga uji coba selalu kalah tetap diunggulkan karena mereka melakoni persiapan melawan tim kuat semacam Jepang, Uni Emirat Arab hingga Irak.

Sementara Filipina memiliki persiapan yang lebih apik usai meraih tiga menang dan dua kalah dalam lima laga uji coba terakhir. Hebatnya lagi, Phil Younghusband dan kawan-kawan sukses menekuk tim kuat seperti Korea Utara dengan skor akhir 3-2. 

Satu-satunya yang terbilang setara dengan Singapura hanyalah Indonesia. Sebab, meski hanya kalah sekali sepanjang 4 uji coba yang dilalui, Tim Merah Putih hanya memiliki waktu tiga bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF 2016.

Sundramoorty menolak bila persiapan timnya dianggap tidak maksimal. Sebaliknya dia menilai pasukannya sangat serius, termasuk dalam memilih lawan tanding. "Saya memilih untuk bermain melawan Suriah karena lawan memiliki fisik yang bagus sama seperti lawan pertama kami di Piala AFF, Filipina. Laga kontra Suriah adalah latihan yang baik untuk kami dalam persiapan ke Piala AFF. Saya harap para pemain bisa memberikan segala yang mereka miliki," tutur Sundramoorthy.

Singapura bakal meladeni Kamboja dalam laga uji coba terakhir, Minggu (13/11/2016). Kemenangan tentu dibidik The Lions demi bisa meningkatkan kepercayaan diri sebelum turun berlaga di Piala AFF 2016 mendatang.

(Laporan: Yosef Deni Pamungkas)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya