Warga Nonmuslim Sumbang Logistik untuk Peserta Demo 2 Desember

Para donatur untuk demo 2 Desember itu tak mau disebut identitasnya.

oleh Muslim AR diperbarui 02 Des 2016, 07:26 WIB
Peserta aksi damai 212 bergotong royong mengangkut makanan di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (1/12). Rencananya, ratusan ribu umat Islam akan melakukan aksi super damai 212 di halaman Monumen Nasional Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Demo 2 Desember tak hanya diikuti oleh organisasi massa (ormas) berbasis Islam semata. Warga nonmuslim pun turut serta dalam aksi damai itu.

Meski tak ikut dalam aksi, warga nonmuslim turut memberi logistik ke masjid-masjid di Jakarta.

"Mereka sendiri yang mengaku, 'kami nonmuslim' katanya. Mereka menyerahkan berbagai bantuan untuk umat yang aksi," ujar Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, pada Liputan6.com di Jakarta, Kamis, 1 Desember 2016.

Para donatur nonmuslim ini, kata Abu, tak mau mengungkapkan identitasnya. Namun, pihak Istiqlal menjamin semua sumbangan yang mereka berikan akan dikelola dengan baik. Sebab, tak mungkin sumbangan itu ditolak oleh pengurus Istiqlal.

"Tapi, kami tegaskan kembali, kami bukan panitia aksi dan tak terlibat (demo 2 Desember). Kami murni melayani umat yang datang ke sini (Istiqlal)," ujar Abu.

Bantuan yang paling banyak diterima Abu adalah makanan dan minuman. Sumbangan itu, menurut Abu, akan dibagikan pada peserta demo 2 Desember.

"Dari berbagai sumber (donatur), ada perorangan, kelompok, perusahaan hingga komunitas nonmuslim juga ikut berdonasi," kata Abu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya