Liburan Jelang Natal dan Tahun Baru

Libur Natal dan Tahun Baru 2017, sebagaian orang memanfaatkannya untuk merilekskan pikiran dengan bepergian ke luar negeri atau luar kota.

oleh Achmad Sudarno diperbarui 23 Des 2016, 08:42 WIB
Ilustrasi Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Libur Natal dan Tahun Baru 2017, sebagaian orang memanfaatkannya untuk merilekskan pikiran dengan bepergian ke luar negeri atau luar kota.

Jelang liburan akhir tahun ini, permohonan pembuatan dan perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim dalam sebulan terakhir meningkat. Peningkatan permintaan ini melebihi 50 persen dari biasanya.

"Petugas loket pelayanan pembuatan paspor biasanya rata-rata menerima 100 berkas permohonan masyarakat namun kini bisa mencapai 150 berkas bahkan bisa lebih dari jumlah itu," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim Telmaizul Syatri, di Palembang, Jumat (23/12/2016) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, permohonan pembuatan paspor menjelang tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya selalu mengalami peningkatan. Masyarakat biasanya memanfaatkan waktu liburan di penghujung tahun itu dengan berwisata ke luar negeri bersama keluarga, rekan kerja, dan mitra bisnis.

Untuk mengatasi peningkatan permohonan pembuatan paspor tersebut, pihaknya mengoptimalkan petugas loket pelayanan. Mereka akan bekerja pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Dia menjelaskan, berapapun banyaknya permohonan pembuatan paspor baru dan perpanjangan, pihak siap memberikan pelayanan terbaik sesuai jadwal jam kerja yang telah ditentukan jelang Natal ini.

"Semua berkas permohonan siap diproses, jika sesuai standar operasional prosedur atau SOP dan jam kerja akan diproses dengan baik dan dalam waktu empat hari jika tidak ada kekurangan atau masalah hukum bisa diterbitkan paspornya," ujar Relmaizul.

Sementara itu, menjelang libur Natal dan tahun baru, tempat penginapan di Cianjur, Jawa Barat sudah habis dipesan. Pemesanan kamar hotel telah dilakukan wisatawan sejak satu minggu sebelumnya.

Marketing Manager Hotel Cianjur, Elan Rusdiana mengatakan, untuk momen libur Natal dan pergantian tahun, sebanyak 78 kamar hotel mulai dari kelas standar hingga family telah habis dipesan.

"Reservasi untuk tanggal 25 hingga 2 Januari 2017 sudah terjadi sejak 18 Desember 2016. Dan sekarang sudah full booked," kata Elan, Rabu 21 Desember 2016.

Menurut dia, para pemesan didominasi dari luar kota seperti Jabodetabek dan Kota Bandung serta kota terdekat lainnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya