3 Sayuran yang Harus Dihindari Saat Puasa Ramadan

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan segar saat menjalankan ibadah puasa, kita harus menjaga asupan makanan.

oleh Karmin Winarta diperbarui 30 Mei 2017, 18:40 WIB
Foto: pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan segar saat menjalankan ibadah puasa, kita harus menjaga asupan makanan. Ternyata sayuran yang selalu dianggap sehat itu tak selamanya bagus dikonsumsi saat menjalankan puasa.

Beberapa sayuran yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat berpuasa itu diantaranya:

1. Kangkung

Sayuran ini ada dua jenis. Kangkung darat dan kangkung yang bisa tumbuh di atas air. Sayuran berwarna hijau ini sebenarnya menyimpan banyak manfaat. Mengkonsumsi kangkung sangat berguna untuk memenuhi zat besi yang diperlukan buat tubuh. 

Karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan kekurangan sel darah merah yang bisa menimbulkan pusing dan lemas. Manfaat lain kangkung adalah bisa mencegah diabetes. Kangkung juga mengandung vitamin A dan C.

Namun kangkung bukan sayuran yang tepat dikonsumsi saat puasa, karena kangkung banyak mengandung zat kapur yang bisa menyebabkan asam urat.

2. Sawi Putih

Sawi jenis ini banyak ditemui di pasar tradisional maupun pasar modern dengan harga yang cukup murah. Meski rasanya cukup aneh, sawi putih bisa membantu mengatasi sakit maag, infeksi bakteri dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Sawi putih sering direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet. Kandungan nutrisinya juga bisa mengurangi penyakit pada sistem pencernaan.

Namun sawi juga tidak disarankan dikonsumsi selama bulan ramadan karena sawi mengandung gas.

3. Kol

 Sayuran ini tumbuh baik di dataran tinggi. Kol banyak mengandung Vitamin A, Vitamin B kompleks, Zat besi, Kalium, Ripoflavin dan Asam folat.

Karena kandungan nutrisinya, kol sangat baik untuk mengontrol penyakit tekanan darah tinggi, mencegah kanker dan bagus untuk mata dan otak.

Namun sebaiknya hindari mengkonsumsi kol saat berpuasa, karena kol juga mengandung gas yang cukup banyak.

Beberapa sayuran yang sebaiknya dikonsumsi saat puasa diantaranya brokoli dan wortel. Brokoli dan wortel banyak mengandung anti oksidan.  

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya