Jahil, Turis Tiongkok Ini Rusak Stalagmit Berusia Ribuan Tahun

Stalagmit setinggi 50 cm di sebuah gua daerah Tiongkok selatan itu akhirnya terpotong dan rusak hingga menyisakan sekitar 20 cm.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 06 Jun 2017, 18:30 WIB
Stalagmit (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria terekam kamera pengintai berusaha untuk menendang sebuah stalagmit hingga tiga kali. Stalagmit yang diperkirakan berusia tiga ribu tahun itu akhirnya tumbang setelah ditendang oleh salah satu turis yang berkunjung ke Gua di daerah Sangtao, Provinsi Guizhou, Tiongkok.

Stalagmit adalah kalsit (kalsium karbonat) yang berada di bawah stalaktit yang biasanya ditemukan dalam lantai sebuah gua kapur. Stalagmit terbentuk dari air tetesan mineral yang jatuh dari stalaktit. Stalaktit dan stalagmit bak saudara kembar yang menjadi pesona dari sebuah tempat wisata gua kapur.

Dilansir scmp.com, Selasa (6/6/2017), stalagmit setinggi 50 cm di sebuah gua daerah Tiongkok selatan itu akhirnya terpotong dan rusak hingga menyisakan sekitar 20 cm setelah ditendang seorang pengunjung.

Detik-detik pengrusakan stalagmit itu benar-benar terlihat dengan jelas dalam kamera pengintai. Seorang pria dengan kaus putih terlihat beberapa kali menendang stalagmit sementara pengunjung lainnya sedang sibuk mengabadikan keindahan gua.

Turis itu melakukan percobaan hingga tiga kali tendangan sampai akhirnya bagian atas stalagmit tersebut rusak dan terpisah dengan pondasinya. Seperti tak merasa terjadi sesuatu, ia malah berlalu tanpa berusaha memperbaiki stalagmit yang sudah ditendangnya.

Petugas yang mengetahui hal tersebut langsung melaporkannya ke kepolisian setempat, tapi sayangnya hingga kini polisi belum berhasil menangkap tersangka.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya