Ban Michelin Masalah Baru Pembalap di MotoGP Catalunya

MotoGP Catalunya akan berlangsung pada akhir pekan ini.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Jun 2017, 12:40 WIB
Cal Crutchlow (AP Photo/Rob Griffith)

Liputan6.com, Catalunya Pemilihan ban Michelin pada gelaran seri ketujuh MotoGP di Sirkuit Catalunya, Barcelona, akhir pekan ini, akan memainkan peranan penting. Terutama masalah keausan ban yang mendapat perhatian khusus dari Cal Crutchlow.

Pendapat yang dilontarkan Crutchlow berdasarkan bagaimana catatan waktu putaran yang telah dijalani pembalap selama pengujian di Sirkuit Catalunya bulan lalu. Joki LCR Honda itu menambahkan ini akan menjadi balapan dengan trek yang panjang dan beberapa pembalap MotoGP telah melakukan penampilan di sana.

"Selama tampil di Le Mans Maverick Vinales mencatatkan lap tercepat di putaran terakhir. Kemudian di Barcelona mereka melakukan 20 lap dan pada lap ke-20, mereka berada lima detik lebih lambat dari pada putaran pertama dan kedua," kata Crutchlow.

"Sekarang semua pembalap berada di posisi yang sama. Ini tentang bagaimana pembalap mengatasinya untuk membuat waktu lebih cepat tiga setengah detik," ucapnya.

Persoalan baru yang dihadapi pembalap saat ini adalah masalah keausan ban anyar. Crutchlow menilai bahwa pembalap akan mengalami masalah yang besar saat melakukan latihan pertama MotoGP Catalunya di pagi hari, mengingat kondisi trek sedang berada dalam suhu dingin.

"Masalahnya adalah di pagi hari, dengan suhu dingin, sepertinya akan turun lagi. Tapi di siang hari kondisi trek lebih normal, kami bekerja dengan set-up dan itu normal. Namun persoalannya adalah ban baru dan pembalap akan merasakan dampak dari keausan ban mengingat trek ini sangat panjang," jelas Crutchlow.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya